Kompas.com - 25/04/2014, 20:22 WIB
Tito Vilanova memutuskan mundur sebagai pelatih Barcelona pada Jumat (19/7/2013). AFP PHOTO/ JOSEP LAGOTito Vilanova memutuskan mundur sebagai pelatih Barcelona pada Jumat (19/7/2013).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MADRID, Kompas.com - Gelombang simpati terus mengalir kepada mantan pelatih Barcelona Tito Vilanova, Jumat (25/4/2014), yang tengah berjuang melawan kanker, setelah dia dilaporkan menjalani operasi darurat. Tetapi Barca masih bungkam tentang kondisi kesehatan Vilanova.

Radio nasional Spanyol mengatakan bahwa operasi yang dilakukan di rumah sakit Quiron di Barcelona terhadap Vilanova yang berusia 45 tahun, dilakukan pada Kamis (24/4), untuk mengatasi persoalan di saluran pencernaannya. Dukungan melalui pesan membanjir lewat media sosial Twitter.

"Tetap kuat bos!" ujar kiper Barcelona Victor Valdes yang tengah dirundung cedera, dalam pesannya.

Radio itu mengatakan bahwa Vilanova, yang meminta media untuk menghormati privasi selama masa pengobatannya, dirawat di rumah sakit sejak 18 April. Tidak ada sumber yang bisa dirujuk.

"Klub tidak berkomentar terkait hal ini," kata juru bicara Barcelona kepada AFP.

Lantaran tak ada pernyataan resmi, media Spanyol pun melaporkan berita yang saling bertentangan tentang kondisi Vilanova. Tak ada satu pun sumber berita yang bisa dirujuk. Valdes, yang akan hengkang dari Camp Nou pada akhir musim ini, menjadi satu-satunya anggota tim yang memberikan komentar kepada publik.

Vilanova didiagnosa mengalami kanker kelenjar ludah lebih dari dua tahun lalu dan terpaksa mundur dari jabatannya sebagai pelatih El Barca pada akhir Juli. Dia merupakan asisten Pep Guardiola selama empat tahun yang gemilang bersama The Catalans antara 2008 dan 2012, ketika mereka merengkuh 14 trofi.

Vilanova menggantikan posisi Guardiola pada awal musim 2012/13. Dia terpaksa tidak bekerja selama empat bulan antara Desember 2012 hingga April 2013 untuk menjalani pengobatan di Amerika Serikat, setelah kanker pada tenggorokannya kambuh. Kanker itu pertama kali didiagnosa pada November 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.