Chelsea Harus Memilih! Liverpool atau Atletico?

Kompas.com - 23/04/2014, 16:42 WIB
Manajer Chelsea, Jose Mourinho. AFP PHOTO / GLYN KIRKManajer Chelsea, Jose Mourinho.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MADRID, KOMPAS.com — Chelsea tengah mengalami dilema karena harus menjalani tiga laga krusial dalam kurun waktu dua pekan ini, yakni leg pertama dan kedua semifinal Liga Champions serta pertandingan melawan Liverpool pada pentas Premier League. Manajer Jose Mourinho pun harus memilih sehingga dia "mengorbankan" kompetisi domestik.

Lantaran memiliki peluang untuk lolos ke final Liga Champions seusai bermain imbang 0-0 melawan Atletico Madrid pada leg pertama di Vicente Calderon, Selasa (22/4/2014), Mourinho mengatakan bahwa dia bakal menurunkan tim yang lebih lemah saat tandang ke Anfield, Minggu (27/4/2014). Ini dilakukan karena timnya harus mempersiapkan diri untuk menjamu Atletico pada semifinal leg kedua di Stamford Bridge, Rabu (30/4/2014).

Saat ini Chelsea menempati peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris. Mereka tertinggal lima angka dari Liverpool, dengan hanya tersisa tiga pertandingan. Dengan ketatnya jadwal dalam dua pekan ini, Mourinho melakukan pilihan demikian, meskipun dia juga akan berbicara dengan para petinggi Chelsea sebelum membuat keputusan akhir mengenai timnya ketika melawan Liverpool.

"Saya pikir saya akan melakukannya, tetapi itu adalah hal yang harus dibicarakan secara internal. Ini bukan keputusan yang bisa diambil sendiri oleh manajer," ujar Mourinho kepada ITV Sport ketika ditanya kemungkinan dia menurunkan tim yang lebih lemah saat tandang ke markas The Reds.

"Saya tidak bisa memutuskannya sendiri, itu merupakan keputusan yang saya juga harus mendengarkannya dari klub. Saya hanya seorang manajer, tidak lebih dari itu."

Manajer asal Portugal ini menambahkan, dirinya sudah berusaha untuk menukar jadwal pertandingan melawan Liverpool menjadi hari Jumat atau Sabtu, tetapi gagal terwujud. Hal itu bertujuan agar para penggawa The Blues memiliki waktu persiapan yang lebih banyak untuk melakoni leg kedua Liga Champions.

"Fakta bahwa pertandingan berlangsung pada hari Minggu memberikan masalah, bukan bagiku melainkan kepada mereka yang memutuskan pertandingan berlangsung pada hari Minggu, bukan Sabtu atau Jumat," tambah Mourinho.

"Kami mewakili sepak bola Inggris, kami satu-satunya tim Inggris yang tersisa di pentas Eropa."

"Spanyol memiliki empat tim dan memberikan kepada mereka kondisi untuk meraih kesuksesan," ujar Mourinho, merujuk pada fakta bahwa tim-tim papan atas La Liga sering mendapatkan kesempatan bermain pada hari Jumat atau Sabtu menjelang pertandingan Liga Champions pada pertengahan pekan.

Chelsea dipastikan tanpa gelandang Frank Lampard dan John Obi Mikel ketika menjamu Atletico di Stamford Bridge, setelah mereka menerima kartu kuning kedua pada leg pertama.

Jika Chelsea gagal meraih kemenangan atas Liverpool, maka hampir dapat dipastikan peluangnya untuk menjadi juara Premier League menjadi kecil. Sebaliknya bagi Liverpool, hasil imbang, apalagi kemenangan, melapangkan jalannya mengakhiri paceklik gelar Premier League yang sudah melandanya selama 24 tahun.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X