Kompas.com - 19/04/2014, 00:57 WIB
Pemain Persepam Madura United (PMU). KOMPAS.com/TaufiqurrahmanPemain Persepam Madura United (PMU).
|
EditorOkky Herman Dilaga

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Pelatih baru Persepam Madura United, Arcan Iurie, mampu memberikan kemenangan perdana saat menjamu Persiram Raja Ampat, di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (18/4/2014). Gol kemenangan Persepam tercipta melalui titik pinalti pada menit ke-13 dari sang kapten Zainal Arif dan Jose Jara jelang laga usai.

Dalam pertandingan ini, wasit Jerry Elly harus mengeluarkan dua kartu merah, masing-masing untuk pemain Persepam, Selvio Escobar, dan pemain Persiram, Angel Berd Sani, pada menit ke-62. Escobar menginjak pinggang Angel, sedangkan Angel melempar bola ke kepala Escobar.

Sepanjang pertandingan, Persepam yang menerapkan strategi 3-5-2, mengambil inisiatif menyerang sejak babak pertama. Umpan silang bola dari sisi kiri dan kanan pertahan Persiram, merepotkan penjaga gawang Persiram, Denni Marcel.

Pada menit ke-11, Denni harus mengganjal Rossy Noprihanis, yang mengancam gawangnya hingga terjadi pelanggaran. Wasit menunjuk titik putih pinalti atas pelanggaran tersebut dan berhasil dimanfaatkan Zainal Arif menjadi gol.

Pada menit ke-30 Zainal Arif nyaris menggandakan keunggulan timnya melalui tendangan keras di dalam kotak pinalti Danni. Namun, tendangannya masih dihentikan Denni. Bola liar di depan gawang Persiram, gagal dikonversi menjadi gol oleh Zainal.

Satu menit kemudian, giliran Rossy Noprihanis mengancam gawan Persiram. Namun, tendangannya melalui sisi kiri pertahanan Persiram, masih bisa diblok Denni. Hingga akhir babak pertama. Persepam unggul tipis 1-0.

Memasuki babak kedua, Persepam masih mengambil inisiatif serangan. Unggul penguasaan bola di lapangan tengah sejak babak pertama, membuat serangan Persepam lebih bervariasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suplai bola melalui Slamet Nur Cahyo, sering merepotkan pertahanan Persiram. Petaka datang dari kubu Persiram pada menit ke-54. Errol Simunapendi berhasil mencetak gol ke gawan Gery Mandagi. Gol tersebut mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol tersebut membuat kubu Persiram semakin agresif melancarkan serangan. Pemain Persepam terus tertekan. Keluarnya dua pemain dari kedua kubu, membuat masing-masing pelatih mengubah strategi.

Zainal Arif, kapten Persepam ditarik keluar lapangan digantikan Erfan Hidyatullah di lini depan. Pada akhirnya, kubu Persepam mendapat hadiah pinalti setelah Slamet Nur Cahyo diajatuhkan di kotak pinalti. Jose Jara nyaris gagal mengeksekusi penalti karena tendangannya berhasil ditepis. Namun, bola muntah dan berhasil dieksekusi kembali hingga gol. Gol Jose Jara menjadi penutup pada laga. Persepam pun menang 2-1 atas Persiram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.