Kompas.com - 18/04/2014, 06:02 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Pelatih Athletic Bilbao Ernesto Valverde mengatakan, sebuah kesalahan jika orang selalu meminta Lionel Messi selalu membuat kejutan di setiap pertandingan. Valverde mengeluarkan pernyataan itu menjelang laga antara timnya dan Barcelona di ajang La Liga, Minggu (20/4/2014).

Messi kembali menjadi pusat perhatian karena performanya yang tidak "mengilap" saat Barca menelan kekalahan 1-2 dari Real Madrid di final Copa del Rey, Rabu (16/4/2014), di Mestalla. Ini menjadi kekalahan ketiga secara beruntun yang dialami El Barca.

Meskipun demikian, Valverde membela striker mungil asal Argentina tersebut. Dia merasa yakin, publik salah karena terlalu banyak berharap agar Messi selalu menjadi bintang di lapangan.

"Apa yang menarik kami adalah apa yang Messi lakukan pada hari Minggu, bukan apa yang sudah dilakukan sebelumnya," ujar Valverde kepada para wartawan.

"Masalahnya adalah bahwa Messi diminta untuk selalu membuat hal yang mengejutkan di setiap pertandingan, ketika dia menjadi pusat perhatian, dan itu sulit."

Bilbao saat ini menempati peringkat keempat klasemen sementara. Mereka tertinggal 16 angka dari Barca di peringkat ketiga. Valverde menolak untuk berbicara tentang krisis yang melanda tim Catalunya tersebut.

"Anda bisa berbicara tentang perubahan siklus, tetapi jika kita secara tenang menganalisis tiga kekalahan mereka, menghormati apa yang dilakukan Real Madrid, Atletico, dan Granada, Barca memiliki opsi untuk mendapatkan hasil yang lebih positif," tambah pelatih berusia 50 tahun itu.

"Apa yang terjadi adalah bahwa Anda menghakimi mereka dibandingkan dengan apa yang mereka sudah lakukan beberapa tahun terakhir. Kita semua dengan cepat terbiasa dengan mereka memenangkan gelar, tetapi tidak berpikir tentang akhirnya. Menerima kekalahan itu tidak mudah."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.