Kompas.com - 20/03/2014, 04:40 WIB
Striker Manchester United, Robin van Persie (2 dari kanan), mengeksekusi tendangan bebas yang berbuah gol ketiga bagi timnya ketika menjamu Olympiakos pada leg kedua babak 16 besar di Old Trafford, Rabu (19/3/2014). Van Persie cetak hat-trick. AFP/PAUL ELLISStriker Manchester United, Robin van Persie (2 dari kanan), mengeksekusi tendangan bebas yang berbuah gol ketiga bagi timnya ketika menjamu Olympiakos pada leg kedua babak 16 besar di Old Trafford, Rabu (19/3/2014). Van Persie cetak hat-trick.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
MANCHESTER, Kompas.com — Manchester United melangkah ke perempat final setelah menaklukkan Olympiakos 3-0 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu (19/3/2014) waktu setempat atau Kamis (20/3/2014) dini hari WIB. Drama tiga gol di Old Trafford yang dihasilkan Robin van Persie ini membuat The Red Devils unggul agregat 3-2.

Dengan demikian, MU keluar dari lubang jarum setelah sempat berada di ujung tanduk lantaran kalah 0-2 di leg pertama. Mereka pun memastikan Inggris memiliki dua wakil di babak delapan besar, setelah Chelsea lebih dulu meraih tiket tersebut seusai menyingkirkan Galatasaray dengan agregat 3-1, Selasa (18/3/2014).

Sejak peluit kick-off berbunyi, MU langsung tampil agresif. Pasukan Setan Merah berusaha mencari gol cepat untuk mengejar defisit dua gol yang dialami di markas Olympiakos pada leg pertama.

Gelombang serangan yang dibangun tim besutan David Moyes ini nyaris membuahkan hasil pada menit ke-18. Umpan silang Ryan Giggs dari sayap kiri disambut sundulan Wayne Rooney. Sayang, keberuntungan belum berpihak karena bola hanya membentur tiang gawang, sebelum disapu keluar oleh bek lawan.

Namun tujuh menit berselang, MU berhasil mencetak gol lewat titik penalti. Holebas menjatuhkan Robin van Persie di dalam kotak terlarang sehingga wasit memberikan hukuman tendangan 11 meter yang dieksekusi sendiri oleh Van Persie. Striker asal Belanda ini mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Olympiakos dan tak mampu dihalau kiper Roberto Jimenez meskipun mampu membaca arah bola.

Semangat para pemain MU kian bergelora. Mereka terus membombardir pertahanan wakil Yunani tersebut, dan nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-34. Akan tetapi, Roberto sangat sigap menghalau tendangan Van Persie yang mengarah ke pojok kiri atas gawangnya.

Olympiakos, yang tak pernah menang ketika bermain di Inggris karena selalu kalah dalam 11 lawatannya ke negara itu, bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-40, mereka membuat para pendukung MU terenyak karena memberikan ancaman yang sangat serius. Beruntung David de Gea tampil sangat bagus karena dua kali melakukan penyelamatan gemilang.

Kiper asal Spanyol ini lebih dulu mengeblok tendangan Hernan Perez ke sisi kanan gawangnya. Bola rebound langsung disambar David Fuster dengan sundulan, dan De Gea kembali melakukan penyelamatan dengan menghalau si kulit bundar keluar sehingga hanya melahirkan tendangan pojok.

Saat pertandingan memasuki masa injury time (45+1), MU sukses menggandakan keunggulan. Van Persie kembali mengoyak jala Olympiakos lewat tendangan kaki kirinya, menyambut umpan silang Rooney dari sisi kanan. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

MU langsung menggempur di awal babak kedua, sehingga terjadi pelanggaran di depan kotak penalti pada menit ke-52. Van Persie dengan jitu mengeksekusi tendangan tersebut dengan kaki kirinya, dan bola mengoyak sisi kanan gawang Roberto. Hat-trick Van Persie membawa MU unggul 3-0.

Unggul tiga gol, serangan MU agak kendor, membuat Olympiakos mampu bangkit untuk melancarkan serangan. Wakil Yunani ini mendapatkan beberapa peluang berbahaya, tetapi penampilan gemilang De Gea di bawah mistar gawang Setan Merah membuat mereka tak mampu mencetak gol, yang membuat skor akhir tetap 3-0.

- Susunan pemain

Manchester United: 1-David de Gea; 2-Rafael, 4-Phil Jones, 5-Rio Ferdinand, 3-Patrice Evra; 16-Michael Carrick, 11-Ryan Giggs; 25-Antonio Valencia (Ashley Young 77'), 10-Wayne Rooney, 19-Danny Welbeck (Darren Fletcher 82'); 20-Robin van Persie
Pelatih: David Moyes

Olympiakos: 16-Roberto Jimenez; 24-Kostas Manolas, 20-Jose Holebas, 25-Ivan Marcano, 19-David Fuster (Nikolaos Vergos 82'); 17-Hernan Perez (Nelson Haedo Valdez 57'), 8-Delvin Ndinga, 2-Giannis Maniatis, 30-Leandro Salino (Paulo Machado 74'); 35-Alejandro Dominguez; 26-Joel Campbell
Pelatih: MichelDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.