Kompas.com - 19/03/2014, 04:46 WIB
Gelandang Galatasaray, Felipe Melo (2 dari kanan), berebut bola dengan striker Chelsea Samuel Eto'o pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, Selasa (18/3/2014). Chelsea menang 2-0. AFP / ADRIAN DENNISGelandang Galatasaray, Felipe Melo (2 dari kanan), berebut bola dengan striker Chelsea Samuel Eto'o pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, Selasa (18/3/2014). Chelsea menang 2-0.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
LONDON, Kompas.com — Chelsea melenggang ke babak perempat final Liga Champions setelah menyingkirkan wakil Turki, Galatasaray. Pada leg kedua babak 16 besar kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa ini di Stamford Bridge, Selasa (18/3/2014) waktu setempat atau Rabu (19/3) dini hari WIB, Chelsea menang 2-0 lewat gol Samuel Eto'o dan Gary Cahill.

Dengan demikian, Chelsea berhak melangkah ke babak delapan besar dengan agregat 3-1. Pasalnya, pada leg pertama di markas Galatasaray, Chelsea berhasil menahan imbang 1-1. The Blues pun menjaga asa wakil Inggris untuk terus bertahan di Liga Champions, setelah Arsenal dan Manchester City tersingkir, begitu pula Manchester United berada dalam situasi yang sulit lantaran defisit dua gol atas Olympiakos.

Chelsea mengawali pertandingan dengan sangat bagus karena pada menit keempat mereka sudah unggul 1-0. Samuel Eto'o membuat publik tuan rumah bersorak gembira karena striker asal Kamerun ini sukses menjebol gawang tim tamu.

Menerima umpan dari Oscar, Eto'o melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti. Dari sisi kanan, mantan striker Real Madrid ini melepaskan tendangan keras ke sisi kanan gawang. Penjaga gawang Fernando Muslera sempat mengeblok tendangan datar itu, tetapi laju bola yang kencang membuatnya bergulir ke dalam gawang.

Tertinggal, Galatasaray mencoba untuk bangkit dan mengejar gol tandang setelah pada leg pertama di Istanbul mereka ditahan imbang 1-1. Namun, usaha tim besutan Roberto Mancini ini tak menuai hasil karena barisan pertahanan Chelsea bermain sangat disiplin untuk membendung serangan Didier Drogba dan kawan-kawan.

Alih-alih mencetak gol balasan, gawang Galatasaray justru kembali kebobolan pada menit ke-42 lewat tendangan keras Gary Cahill dari depan gawang. John Terry menjadi otak gol tersebut, karena bola sundulannya ketika menyambut umpan dari sayap kanan tak sempurna dihalau Muslera. Cahill yang berdiri di mulut gawang langsung me-rebound si kulit bundar untuk membawa The Blues unggul 2-0, yang bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, serangan Galatasaray justru jauh menurun sehingga Chelsea lebih mendominasi jalannya pertandingan. Pasukan Jose Mourinho lebih banyak menciptakan peluang, tetapi tak ada yang berbuah gol, termasuk kesempatan terbaik yang diperoleh Fernando Torres pada menit ke-88.

Menerima umpan Eden Hazard yang berdiri di dalam kotak penalti, Torres tinggal berhadapan dengan Muslera. Sayang, tendangan kaki kanan striker internasional Spanyol ini masih bisa dihalau sehingga hanya melahirkan tendangan pojok.

Pada menit terakhir, tim tamu mendapatkan peluang melalui Drogba, ketika meneruskan umpan dari tendangan bebas. Akan tetapi, sentuhan Drogba tidak sempurna sehingga bola yang sempat mengenai pemain belakang Chelsea dengan mudah ditangkap Petr Cech.

- Susunan pemain

Chelsea: 1-Petr Cech; 2-Branislav Ivanovic, 24-Gary Cahill, 26-John Terry, 28-Cesar Azpilicueta; 7-Ramires, 8-Frank Lampard; 22-Willian (Tomas Kalas 90'), 11-Oscar (Andre Schürrle 82'), 17-Eden Hazard; 29-Samuel Eto'o (Fernando Torres 85')
Pelatih: Jose Mourinho

Galatasaray: 25-Fernando Muslera; 27-Emmanuel Eboue (Izet Hajrovic 77'), 21-Aurelien Chedjou, 26-Semih Kaya, 15-Alex Telles; 3-Felipe Melo, 8-Selcuk Inan; 35-Yekta Kurtulus (Hakan Kadir Balta 67'), 10-Wesley Sneijder; 17-Didier Drogba, 17-Burak Yilmaz (Umut Bulut 54')
Pelatih: Roberto Mancini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.