Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Kalahkan Ronaldo sebagai Pemain Terkaya di Dunia

Kompas.com - 18/03/2014, 23:19 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com — France Football menobatkan Lionel Messi sebagai olahragawan dengan penghasilan tertinggi di cabang sepak bola. Striker mungil asal Argentina ini mengalahkan bintang asal Portugal yang bermain di Real Madrid, Cristiano Ronaldo. Sementara itu, rekan setim Messi di Barcelona, Neymar, yang merupakan pemain dari La Liga yang masuk jajaran 10 besar, menempati posisi ketiga.

Menurut perhitungan, Messi meraup penghasilan 41 juta euro (sekitar Rp 646,113 miliar). Dia hanya unggul tipis atas Ronaldo, yang memperoleh 39,5 juta euro (sekitar Rp 622,536 miliar), sedagkan Neymar terpaut jauh karena "hanya" 29 juta euro (sekitar Rp 457,063 miliar).

Secara keseluruhan, para pemain Spanyol serta mantan pemain dari Liga Spanyol mendominasi posisi 10 besar daftar pesepak bola dengan penghasilan tertinggi, termasuk mantan striker Atletico Madrid Radamel Falcao yang berada di urutan keenam dengan penghasilan 21,2 juta euro (sekitar Rp 334,118 miliar), satu strip di belakang mantan striker Barcelona Zlatan Ibrahimovic dengan penghasilan 23,5 juta euro (sekitar Rp 370,347 miliar).

Pemain depan Manchester City, yang merupakan mantan bintang Atletico, menempati urutan ketujuh dengan penghasilan 19,7 juta euro (sekitar Rp 309,904 miliar). Sementara itu, striker Chelsea yang pernah menjadi pemain pujaan publik Atletico, Fernando Torres, ada di urutan ke-11 dengan penghasilan 16,2 juta euro (sekitar Rp 254,845 miliar).

Di level pelatih, tak ada pelatih dari La Liga yang masuk posisi 10 besar, meskipun mantan bos Real Madrid yang kini menjadi Manajer Chelsea, Jose Mourinho, berada di posisi teratas. Dia mengungguli pelatih Bayern Muenchen, yang merupakan mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com