Kompas.com - 16/03/2014, 01:49 WIB
Mantan pemain asal Brasil, Rivaldo. AFP PHOTO/ JOSE JORDANMantan pemain asal Brasil, Rivaldo.
|
EditorTjatur Wiharyo
SAO PAULO, KOMPAS.com - Mantan Pemain Terbaik Dunia 1999, Rivaldo, menyatakanberhenti berkarier sebagai pesepak bola. Pemain bernama lengkap Rivaldo Vitor Borba Ferreira itu memutuskan pensiun setelah berkarier selama 23 tahun.

"Hari ini, Sabtu, saya mengumumkan kepada seluruh penggemar di dunia bahwa karier saya sebagai pemain telah berakhir. Saya bersyukur memiliki karier indah selama bertahun-tahun," jelas Rivaldo yang kini berusia 41 tahun.

Rivaldo mengawali karier di klub Brasil, Santa Cruz, pada 1991. Setelah lima tahun berkiprah di kompetisi dalam negeri, Rivaldo mencoba peruntungan di Spanyol dan bergabung dengan Deportivo La Coruna.

Tampil apik bersama Super Depor membuat Rivaldo dibeli Barcelona. Karier Rivaldo bersinar bersama Barcelona dan sempat dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia 1999.

Karier Rivaldo di tim nasional Brasil juga terbilang cemerlang. Rivaldo tampil sebanyak 74 kali dan mencetak 34 gol di level internasional. Dia juga sukses membawa Brasil menjadi juara Piala Dunia 2002.

Klub terakhir yang dibela Rivaldo adalah Mogi Mirim. Saat ini, klub tersebut juga dihuni oleh anak Rivaldo, yakni Rivaldinho.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.