Ini Raja Penahan Penalti di Bundesliga

Kompas.com - 10/03/2014, 22:22 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber Bundesliga
LEVERKUSEN, KOMPAS.com — Kiper Bayer Leverkusen, Bernd Leno, ternyata tak memiliki kiat-kiat khusus dalam menangkal tendangan penalti lawan. Leno hanya mencoba yakin bahwa dirinya bisa menghalau eksekusi titik putih dari lawannya.

Sepanjang musim ini, Leno sudah lima kali mementahkan tendangan penalti. Leno hanya kalah dari Thomas Zander (TSV 1860 Muenchen) yang sukses menahan enam penalti di Bundesliga pada musim 1979-1980.

Terakhir, Leno mematahkan penalti pemain Hannover 96, Szabolcs Huszti, pada laga yang berakhir 1-1, akhir pekan lalu. Leno malah menganggap keberhasilannya itu sebagai hal yang biasa saja.

"Tidak ada rahasia menahan tendangan penalti. Aku hanya mencoba menebak arah tendangan dari lawan," aku Leno. "Aku juga tidak menghafal arah tendangan Huszti. Anda tidak bisa berasumsi pemain akan selalu menembak ke arah yang sama."

"Setiap kiper hanya butuh sedikit keberuntungan dalam setiap penalti. Kami membiarkan lawan mendapatkan banyak penalti. Aku hanya berusaha tidak kebobolan banyak gol," tambahnya.

Leno saat ini tercatat sebagai kiper dengan persentase terbesar dalam hal keberhasilan menggagalkan penalti dibandingkan kiper-kiper Bundesliga lain selama kariernya. Dari 17 penalti, Leno sukses menahan delapan penalti, yang lima di antaranya dilakukan pada musim ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bundesliga
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com