Kompas.com - 20/02/2014, 23:08 WIB
Penyerang Persipura Jayapura, Ferinando Pahabol (17) berusaha melewati pemain bertahan Persiba Balikpapan Arifki Eka Putra (7). Dalam laga lanjutan ISL yang mempertemukan Persipura Jayapura dengan tim tamu Persiba Balikpapan di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (20/2/2014) berhasil dimenangkan Persipura melalui gol penalti Ian Luis Kabes pada penghujung babak kedua. Alfian KartonoPenyerang Persipura Jayapura, Ferinando Pahabol (17) berusaha melewati pemain bertahan Persiba Balikpapan Arifki Eka Putra (7). Dalam laga lanjutan ISL yang mempertemukan Persipura Jayapura dengan tim tamu Persiba Balikpapan di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (20/2/2014) berhasil dimenangkan Persipura melalui gol penalti Ian Luis Kabes pada penghujung babak kedua.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAYAPURA, Kompas.com - Persipura Jayapura menaklukkan Persiba Balikpapan dengan skor tipis 1-0 pada lanjutan laga Indonesia Super League (ISL) 2014 di Wilayah Timur, Kamis (20/2/2014). Gol tunggal Mutiara Hitam dalam laga di Stadion Mandala itu dicetak oleh Ian Louis Kabes melalui titik penalti pada saat injury time.

Tiga poin dari laga kelimanya ini membuat Persipura naik ke peringkat kedua klasemen sementara dengan mengoleksi total sembilan poin. Mereka tertinggal satu angka dari Mitra Kukar, yang dalam laga di Stadion Aji Imbut menang telak 5-1 atas Persela Lamongan lewat hat-trick Herman Dzumafo Epandi, serta gol dari Anindito Wahyu Erminarno dan Zulham M Zamrun. Sedangkan satu gol balasan Persela dicetak Addison Alves.

Sejak peluit kick-off berbunyi, Persipura, yang merupakan juara bertahan ISL, langsung tampil agresif untuk menekan pertahanan Beruang Madu. Lukas Mandowen dan Ian Kabes yang menjadi motor serangan Persipura terus menggempur, tetapi barisan belakang Persiba yang digalang Rudi Khoerudin dan Muhamad Kamri tampil sangat disiplin, sehingga tak ada gol yang tercipta hingga turun minum.

Di babak kedua, Persipura kembali memberikan tekanan untuk mendapatkan gol. Tetapi pasukan arahan Jacksen F Tiago ini kesulitan menembus barikade pertahanan anak asuhan Jaya Hartono, yang membuat para pemain Persipura tampak frustrasi.

Akibat lanjutnya, kerab para pemain Persipura mempertontonkan permainan yang kurang terpuji, seperti yang dilakukan Andri Ibo terhadap Aris Alfiansyah dan Dominggus Fakdawer kepada Fernando Soler. Tetapi buruknya kepemimpinan wasit Ahmad Suparman membuat para pelanggar tersebut tak mendapatkan hukuman keras.

Ketika laga sudah memasuki injury time, Persipura mendapatkan hadiah penalti. Wasit menilai Arifki Eka Putra melakukan pelanggaran handball di dalam kotak terlarang, meskipun para pemain Persiba mengajukan protes lantaran bola tak mengenai tangan, tetapi pinggul. Ian Kabes yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya untuk mencetak gol, sekaligus mempersembahkan tiga poin bagi Persipura.

Kekalahan ini membuat Persiba terpuruk di papan bawah. Tim kebanggaan publik Balikpapan tersebut berada di peringkat ke-10 dengan raihan dua poin dari tiga laga yang sudah dilakoni.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.