Laga Persib Vs Persija Terusir ke Kuningan

Kompas.com - 19/02/2014, 23:09 WIB
Logo Indonesia Super League (ISL). Dok.GoogleLogo Indonesia Super League (ISL).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
BANDUNG, KOMPAS.com - Laga klasik sarat gengsi yang mempertemukan tuan rumah Persib Bandung dengan sang tamu Persija Jakarta dalam lanjutan kompetisi ISL 2014 Wilayah Barat, Sabtu (22/2/2014), kemungkinan besar tidak akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kepala Polda Jawa Barat Irjen Pol M Iriawan mengatakan, laga bertajuk El-Clasico Indonesia itu kemungkinan besar akan dipindahkan ke Stadion Stadion Mashud Wisnu Saputra yang berada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Kami rekomendasikan paling tidak ke Kuningan," kata Iriawan di Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Viaduct, Kota Bandung, Rabu (19/2/2014).

Iriawan menjelaskan, rekomendasi tersebut dikeluarkan karena pertimbangan situasi keamanan. Pasalnya, pada saat laga Pelita Bandung Raya (PBR) melawan Persija, sekitar 1.000 orang bobotoh yang geram karena kedatangan suporter pendukung Persija, Jak Mania, ke Stadion Si Jalak Harupat, sempat membuat kericuhan serta melakukan pengrusakkan fasilitas dan kendaraan.

"Pada saat pertandingan PBR lawan Persija kemarin itu cuma 1000 jumlah penonton tapi terjadi hal yang tidak diinginkan. Sampai-sampai Kapolres Bandung harus mengevakuasi 150 suporter Persija ke KM 125 untuk dikawal sampai ke perbatasan," ucapnya.

"Kemudian terjadi pelemparan dan tindakan- tindakan yang cukup merepotkan kami. Itu baru 1000 suporter. Kapolres menelepon saya, dan panpel juga angkat tangan untuk melaksanakan di wilayah Soreang atau Jalak Harupat karena panpel pun tidak mau ambil risiko," sambungnya.

Iriawan pun menegaskan, Stadion Si Jalak Harupat tetap tidak direkomendasikan meski pertandingan berjalan tanpa penonton.

"Nggak bisa, tetap saja panitia, Bupati dan Kapolres tidak berani (ambil risiko). Tanpa penonton di dalam, tapi di luar tetap saja banyak, itu yang kami khawatirkan. Kami ambil (kebijakan) yang tidak populer tapi demi kepentingan lebih besar lagi," tuturnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X