Timnas U-19 Taklukkan PSS Sleman 3-1

Kompas.com - 03/02/2014, 22:30 WIB
Pemain Indonesia berselebrasi setelah membobol gawang Korea Selatan pada pertandingan kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu(12/10/2013). Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-19 yang akan berlangsung di Myanmar tahun depan, setelah menang dengan skor 3-2. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemain Indonesia berselebrasi setelah membobol gawang Korea Selatan pada pertandingan kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu(12/10/2013). Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-19 yang akan berlangsung di Myanmar tahun depan, setelah menang dengan skor 3-2.
|
EditorAry Wibowo
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia U-19 menang 3-1 atas  PSS Sleman pada laga coba yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Senin (3/2/2014) malam. Sepasang gol Garuda Jaya diborong oleh Ilham Udin Armayn.

Timnas Indonesia U-19 langsung tampil menekan PSS Sleman sejak menit-menit awal. Usaha Evan Dimas dan kawan-kawan akhirnya membuahkan hasil dengan gol yang ditorehkan Ilham Udin pada menit ke-15.

Gol ini tidak terlepas dari penampilan apik Muchlis Hadi Ning yang berhasil mengecoh dua pemain lawan di dalam kotak penalti PSS. Muchlis kemudian mengirimkan bola mendatar yang disambut Ilham dengan sepakan keras. Gol!

Berselang 11 menit kemudian, Ilham kembali mencatatkan namanya di papan skor. Evan Dimas, yang mengeksekusi tendangan bebas, melepaskan umpan ke dalam kotak penalti lawan. Salah satu pemain PSS salah mengantisipasi umpan tersebut sehingga bola jatuh di kaki Ilham. Dengan reaksi cepat, Ilham melepaskan tembakan yang sulit dibendung Aji Saka.

Gawang Garuda Jaya bukan tanpa ancaman. Pada menit ke-30, gawang timnas U-19 nyaris bobol seandainya kiper Ravi Murdianto tak sigap memblok bola tendangan bebas Moniega Bagus.

Tak peduli dengan ancaman tersebut, timnas U-19 terus berusaha menguasai tempo permainan. Namun, usaha tim besutan Indra Sjafri untuk mencetak gol tambahan tak membuahkan hasil hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Selepas jeda, pelatih Indra Sjafri melakukan perubahan di lini depan timnya. Ia memasukkan Dimas Drajat untuk menggantikan Muchlis pada menit ke-55. Saat perubahan tersebut belum membuahkan hasil, gawang Indonesia nyaris bobol jika Ravi tidak sigap menghalau bola tembakan salah satu pemain lawan.

Pada menit ke-68, Indra memilih menarik Ravi dan menggantikannya dengan Awan Setho. Namun, hanya berselang semenit, Awan dipaksa memungut bola di gawangnya sendiri setelah gagal membendung tembakan Mudah Yulianto. Pemain bernomor punggung 11 tersebut berdiri bebas saat melepaskan tembakan, memanfaatkan bola liar hasil tendangan bebas rekannya.

Pada menit ke-74, Indonesia harus kehilangan Ilham Udin karena mengalami cedera. Indra kemudian memilih memasukkan Maldini. Keputusan Indra cukup tepat karena Maldini menjadi aktor penting di balik gol David Maulana pada menit ke-75.

Dari sisi kiri pertahanan PSS, Maldini melepaskan umpan terukur ke dalam kotak penalti. David menyambut bola tersebut dengan tendangan voli yang membuat bola bersarang ke sisi kiri gawang PSS.

Sekitar delapan menit sebelum laga usai, Evan Dimas nyaris mencetak gol saat memanfaatkan kesalahan lawan. Namun, tembakan Evan masih terlalu lemah sehingga tak menyulitkan Aji Saka menangkap bola. Itu menjadi peluang terakhir bagi Indonesia. Skor 3-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga laga usai.  
 
Selanjutnya, Evan Dimas dan kawan-kawan akan kembali melakoni laga uji coba melawan Persiba Bantul di Stadion Sultan Agung, Rabu (5/2/2014). 

Susunan Pemain
PSS Sleman: 1-Aji Saka; 14-Taji Prasteyo, 28-Ade Christian, 24-M. Hamdani, 5-Ridwan Awaludin, 6-Lintang Tresno, 8-Anang Hadi, 4-Eko Setiawan, 11-Mudah Yulianto, 9-Moniega Bagus, 7-Hermawan Putra  

Timnas Indonesia U-19: 1-Ravi Murdianto (Awan Setho 68); 5-M Fatchurohman, 34-Hansamu Yama, 13-Sahrul, 2-Putu Gede; 8-M Hargianto (Ichsan 88), 6-Evan Dimas (Hendra Sandi 83), 19-Zulfiandi (Paolo Sitanggang 85), 20-Ilham Udin (Maldini 74), 9- David Maulana; 10-Muchlis Hadi Ning (Dimas Drajat 55)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X