Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diwarnai Kericuhan, Persebaya Tekuk Mitra Kukar 2-1

Kompas.com - 01/02/2014, 17:57 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Persebaya Surabaya menang 2-1 atas Mitra Kukar, dalam laga Indonesia Super League 2014, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (1/2/2014). Laga diwarnai kericuhan pada pengujung pertandingan.

Dalam laga tersebut, kedua tim saling jual beli serangan sejak awal pertandingan. Persebaya unggul lebih dulu pada menit ke-16. Berawal dari aksi Greg Nwokolo yang berhasil melewati tiga pemain belakang Kukar, dengan cermat, ia mengirim umpan ke Emmanuel Kenmogne yang sudah berdiri tak terkawal di depan gawang Kukar. Tanpa kesulitan, pemain asal Kamerun tersebut langsung menceploskan bola yang gagal diantisipasi kiper Joice Sorongan.

Namun, tiga menit berselang, Kukar dapat membalas lewat tendangan bebas melengkung, hasil eksekusi Erick Weeks. Bola sepakan kaki kiri Weeks menembus jala gawang dari sisi tiang dekat yang gagal dihalau kiper Ferry Rotinsulu.

Pada menit ke-36, Greg nyaris membawa timnya unggul. Menerima umpan terobosan dari Alfin Tuasalamony, pemain kelahiran Nigeria ini berhasil melewati Joice, namun bola yang sudah di mulut gawang dengan cepat dihalau Park Chul-Hyung.

Setelah saling menekan pertahanan lawannya masing-masing, belum ada satu pun upaya dari pemain-pemain kedua tim yang membuahkan hasil. Skor 1-1 sendiri bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persebaya mendapat hadiah tendangan penalti pada menit ke-67, setelah Greg dilanggar di dalam kotak penalti. Pemain-pemain Kukar sempat melakukan protes terhadap keputusan tersebut, namun wasit tetap pada keputusannya.

Kenmogne yang bertindak sebagai algojo dapat melakukan tugasnya dengan baik setelah bola tendangannya berhasil mengecoh Joice.

Setelah gol tersebut, pemain-pemain Kukar tampak berusaha untuk menyamakan kedudukan.

Jelang akhir laga, Ambrizal tampak melakukan handball di dalam kotak penalti Persebaya, namun hal ini luput dari pandangan wasit. Pemain-pemain Kukar sempat melancarkan protes keras yang berbuntut pada kericuhan di lapangan.

Wasit langsung menyudahi laga, dengan skor 2-1 untuk kemenangan Persebaya. Sang pengadil pun keluar dengan kawalan petugas.

- Susunan pemain

Persebaya: Fery Rotinsulu; Ambrizal, Manahati Lestusen, Alfin Tuasalamony (Fandi Eko 85), Hasim Kipuw; Leo Saputra, Patrick Nzekou, Muhammad Ilham (Novri Setiawan 88); Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne
Pelatih: Rahmad Darmawan

Kukar: Joice Sorongan; Park Chul-Hyung (Dedi KUsmawan 63), Zulkifli Syukur, Diego Michiels, Raphael Maitimo; Reinaldo Loboro, Bima Sakti, Zulham Zamrun, Erminarno; Jajang Mulyana (Fadil Sausu 80), Erick Weeks
Pelatih: Stefan Hansson

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com