Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U-19 Jadwalkan Uji Coba dengan Tim Lokal Yogyakarta

Kompas.com - 15/01/2014, 08:37 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Di sela-sela pematangan taktik dan ball possesion, Timnas U-19 berencana melakukan uji coba melawan tim-tim lokal Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini masih dijajaki tim lokal yang akan berhadapan dengan Timnas U-19.

"Minggu ini masih internal game, minggu depan saya coba dengan tim-tim lokal di sini (Yogyakarta). Namun bukan uji coba resmi," terang Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri, Selasa (14/01/2014) petang. Meski belum dapat menentukan tim lokal yang akan menjadi lawan tanding tim asuhannya, Indra mengatakan yang terpenting permainan dari tim lokal tersebut terkontrol.

"Mau tim senior atau seusia tidak menjadi persoalan, yang terpenting pelatih dapat kita kontrol dan mainya juga harus kontrol," tegas Indra. Dia akan mencari tim lawan yang betul-betul dapat memahami kemauan dan kebutuhan Timnas U-19.

Selama ini, kata Indra, kerap terjadi kesalahpahaman dari tim yang dipilih sebagai lawan tanding timnas. Melihat lawanya adalah timnas, ujar dia, tim lawan uji tanding kerap menjadikan pertandingan itu sebagai uji coba dengan timnas melayani mereka.

Padahal, kata Indra, yang dibutuhkan adalah sebaliknya, yakni tim lawan yang menjadi uji coba bagi Timnas U-19. Dia memberi contoh, jika program Timnas U-19 adalah ball possesion maka tim lawan harus bisa diatur untuk melakukan pressing seketat-ketatnya ke timnas.

Bila permainan bisa dikendalikan sedemikian rupa sesuai kebutuhan timnas, papar Indra, barulah latihan tersebut akan bermanfaat bagi program latihan Timnas U-19. "Dengan uji coba yang demikian, kami dapat melihat jika di-pressing ketat apakah anak-anak bisa menerapkan ball possesion. Hasilnya akan menjadi bahan evaluasi kami."


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com