Kompas.com - 14/12/2013, 20:28 WIB
Gelandang sayap Perancis milik Bayern Muenchen, Franck Ribery (kiri), berbicara dengan Pelatih Perancis, Didier Deschamps, saat melakukan konferensi pers, Selasa (5/2/2013), di Stade de France, Saint-Denis, Paris, jelang uji coba melawan Jerman yang berlangsung pada Rabu (6/2/2013). AFP PHOTO / FRANCK FIFEGelandang sayap Perancis milik Bayern Muenchen, Franck Ribery (kiri), berbicara dengan Pelatih Perancis, Didier Deschamps, saat melakukan konferensi pers, Selasa (5/2/2013), di Stade de France, Saint-Denis, Paris, jelang uji coba melawan Jerman yang berlangsung pada Rabu (6/2/2013).
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Perancis, Didier Deschamps, merasa yakin Franck Ribery mendapat lebih banyak dukungan dari publik Jerman dibandingkan dengan Perancis untuk memenangi penghargaan Ballon d'Or. Menurut Deschamps, Ribery menjadi korban mental Perancis yang tak suka dengan kesuksesan orang.

Winger Bayern Muenchen ini akan bersaing dengan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, dan striker Barcelona, Lionel Messi, untuk memperebutkan penghargaan bergengsi tersebut. Pengumuman pemenang akan dilakukan di Zurich, Swiss, 13 Januari mendatang.

Ribery menjadi pesaing terberat menyusul perannya yang sangat sentral dalam membawa Bayern mengukir sejarah pada musim lalu. Untuk kali pertama sebuah klub Bundesliga meraih treble setelah mereka menjuarai Bundesliga, Piala Jerman, dan Liga Champions.

Akan tetapi, Ribery merasa kurang mendapat dukungan dari publik Perancis, yang dinilainya lebih memilih Ronaldo atau Messi sebagai pemenang. Deschamps pun merasa demikian dan, menurutnya, pemain berusia 30 tahun tersebut bisa terhalang oleh fakta itu.

"Saya pikir itu merupakan sejarah yang relatif," ujar pemenang Piala Dunia ini dalam wawancara dengan RTL. "Dia tentu lebih mendapatkan dukungan dan dicintai di Jerman dengan segala yang dilakukannya."

"Ini merupakan mentalitas Perancis. Ketika Anda menang dan Anda adalah Perancis, sulit untuk mendapatkan dukungan."Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.