Kompas.com - 13/12/2013, 18:36 WIB
Pelatih tim nasional Swiss, Ottmar Hitzfeld. AFP/FABRICE COFFRINI Pelatih tim nasional Swiss, Ottmar Hitzfeld.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Ottmar Hitzfeld mengkritik kebijakan transfer Real Madrid. Pasalnya, raksasa Liga Spanyol itu tetap nekat mendatangkan banyak pemain berbakat dengan harga tinggi, walaupun kondisi keuangannya sedang buruk yang terlihat dari jumlah utang.

Presiden Madrid, Florentino Perez, telah mengungkapkan utang klub yang menurutnya turun 27,4 persen pada tahun lalu menjadi 90,6 juta euro (sekitar Rp 1,492 triliun). Akan tetapi, seorang anggota klub mengklaim jika angka tersebut tidak akurat karena yang sebenarnya, utang Madrid masih 541 juta euro (sekitar Rp 8,912 triliun).

Meski terlilit utang yang begitu besar, Madrid justru membuat rekor pembelian pemain termahal di dunia, Gareth Bale, juga Isco dan Asier Illarramendi pada musim panas yang baru lalu. Inilah yang membuat Hitzfeld merasa tidak senang.

"Ini hal yang tak bisa diterima. Saya tak memahami bagaimana mereka bisa memiliki utang yang sangat banyak," ujar mantan manajer Bayern Muenchen tersebut kepada Futbol Tactico Magazine pada pekan ini.

"Tampaknya tidak fair bahwa Madrid bisa membeli para pemain itu dengan kondisi utang yang banyak saat ini. Ini benar-benar tak adil."

"Bayern Muenchen merupakan klub yang sehat, yang tak memiliki utang, tetapi hanya akan membeli pemain yang mereka bisa, sesuai dengan potensi ekonominya, dan mereka telah membayar dalam jumlah yang besar dalam beberapa tahun terakhir."

Hitzfeld, yang saat ini adalah pelatih kepala tim nasional Swiss, menambahkan bahwa apa yang dilakukan Bayern tak membuat mereka harus berutang. "Namun mereka tak pernah berutang uang kepada organisasi apapun atau klub. Kompetisi antara tim tidak berimbang," pungkas pria asal Jerman tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X