Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2013, 04:57 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
MILAN, KOMPAS.com — AC Milan susah payah lolos ke 16 besar Liga Champions karena harus bertanding dengan sepuluh pemain sejak menit ke-22 saat bermain imbang tanpa gol dengan Ajax Amsterdam pada matchday keenam Grup H di Stadion San Siro, Rabu atau Kamis (12/12/2013) dini hari WIB.

Hasil itu membuat Milan berada di peringkat kedua klasemen akhir Grup H dengan poin sembilan, kalah empat angka dari Barcelona di puncak. Sementara itu, Ajax harus tersingkir karena masih menempati posisi ketiga dengan poin delapan.

Pada pertandingan tersebut, kedua tim sebenarnya mampu bermain dengan tempo cepat sejak menit-menit awal. Akan tetapi, Ajax terlihat lebih efektif saat melakukan serangan ke jantung pertahanan Milan.

Peluang pertama tim tamu diciptakan Christian Poulsen pada menit ke-5. Sayang, bola sundulan kepalanya seusai menerima tendangan pojok Lasse Schoene masih membentur tiang kanan gawang Milan yang dikawal Christian Abbiati.

Pada menit ke-19, giliran Davy Klaassen yang menciptakan peluang berbahaya di barisan pertahanan Milan. Akan tetapi, kali ini Abbiati mampu sigap saat menepis tendangannya dari luar kotak penalti sehingga kesempatan itu hanya menghasilkan tendangan pojok.

Saat mencoba keluar tekanan, Milan justru harus bertanding dengan 10 pemain setelah wasit mengeluarkan kartu merah untuk Riccardo Montolivo. Hukuman itu diberikan wasit karena Montolivo dianggap terlalu keras melanggar Poulsen pada menit ke-22.

Kalah jumlah pemain, Milan semakin terlihat kesulitan menembus rapatnya barisan pertahanan Ajax. Beberapa kali peluang yang diperoleh Mario Balotelli dan kawan-kawan dapat dengan mudah dipatahkan oleh pemain belakang Ajax.

Selepas turun minum, Milan masih dalam tekanan Ajax. Pada menit ke-58, Klaassen melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun, kembali, Abbiati mampu dengan baik mengantisipasi bola tendangannya tersebut.

Ajax terus mengurung pertahanan Milan dan menciptakan sejumlah peluang hingga menit-menit akhir pertandingan. Akan tetapi, para pemain belakang Milan tampil cukup disiplin sehingga membuat skuad asuhan Frank de Boer itu kesulitan membuat gol. Skor 0-0 pun bertahan hingga laga usai.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Milan menguasai bola sebanyak 37 persen dan melepaskan dua tembakan akurat dari tiga usaha. Adapun Ajax menciptakan 12 peluang emas dari 24 percobaan.

Susunan pemain
Milan: 32-Christian Abbiati, 2-Mattia De Sciglio, 17-Cristian Zapata, 21-Kevin Constant, 25-Daniele Bonera, 4-Sulley Muntari, 18-Riccardo Montolivo, 34-Nigel de Jong, 22-Kaka 45-Mario Balotelli, 92-Stephan El Shaarawy (16-Andrea Poli 24)
Pelatih: Massimiliano Allegri

Ajax: 22-Jasper Cillessen, 2-Ricardo van Rhijn, 4-Niklas Moisander, 17-Daley Blind, 24-Stefano Denswil, 5-Christian Poulsen (23-Danny Hoesen 45), 20-Lasse Schoene, 25-Thulani Serero, 7-Victor Fischer, 11-Bojan Krkic, 18-Davy Klaassen
Pelatih: Frank de Boer

Wasit: Howard Webb (Inggris)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+