Kompas.com - 09/12/2013, 23:06 WIB
Penjaga gawang Spanyol, Iker Casillas, ketika melawan Brasil di final Piala Konfederasi, Minggu (30/6/2013). AFP/CHRISTOPHE SIMONPenjaga gawang Spanyol, Iker Casillas, ketika melawan Brasil di final Piala Konfederasi, Minggu (30/6/2013).
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorOkky Herman Dilaga

MADRID, KOMPAS.com - Kiper tim nasional Spanyol, Iker Casillas, melancarkan kritik mengenai hasil undian grup Piala Dunia 2014. Ia mengaku tak setuju dengan sistem yang diterapkan FIFA saat ini.

Hasil undian telah menempatkan Spanyol tergabung di Grup B bersama Belanda, Cile, dan Australia. Spanyol dan Belanda merupakan finalis Piala Dunia 2010.

"Aku setuju bahwa terkadang pengundian sulit untuk dipahami, terutama koefisien. Tetapi, tak masalah kami berada di grup itu, karena kami tidak bisa memilih. Yang dapat kami lakukan adalah bermain dan berharap bisa menang, dan selamat untuk para pemenang," kata Casillas.

"Namun kalau boleh jujur, aku tak setuju dengan cara undian yang telah dilakukan. Bagaimanapun, kami bukan pihak mengambil keputusan ini. Kami tidak berhak untuk mengatakan tim mana yang jadi unggulan, tim mana yang tidak," tambahnya.

"Ini hasil undian yang sulit. Kami harus mengawali Piala Dunia 2014 melawan runner-up Piala Dunia 2010, yang tampil sangat baik saat kualifikasi. Dan kemudian Cile, yang selama tiga tahun terakhir sangat sulit kami kalahkan. Saat di Afrika Selatan (Piala Dunia 2010), kami kehilangan poin saat pertandingan pertama melawan Swiss. Walaupun, setelah itu kami bisa mengalahkan tim-tim kuat seperti Portugal dan Jerman," tandasnya.

"Kami harus memulai turnamen dengan sebaik mungkin, berusaha mendapatkan tiga poin dan kemudian melihat apa yang akan terjadi. Aku bisa memahami kenapa Spanyol difavoritkan, karena kami telah menggapai segalanya dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi, kami juga harus tahu, meskipun orang-orang menyebut kami favorit, banyak negara akan berusaha untuk mengalahkan kami. Kami tidak bisa berpuas diri setiap saat," tutupnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X