Kompas.com - 09/12/2013, 23:01 WIB
Kapten tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo (tengah), saat melawan Swedia pada play-off Piala Dunia 2014 di Stadion da Luz, Lisabon, Jumat (15/11/2013). AFP PHOTO / FRANCISCO LEONGKapten tim nasional Portugal, Cristiano Ronaldo (tengah), saat melawan Swedia pada play-off Piala Dunia 2014 di Stadion da Luz, Lisabon, Jumat (15/11/2013).
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorOkky Herman Dilaga

MADRID, KOMPAS.com - Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, berambisi membawa Portugal menjuarai Piala Dunia 2014. Jika hal itu dapat terealisasi, maka akan menjadi gelar pertama Ronaldo di level internasional bersama Seleccao.

Prestasi terbaik yang pernah ditorehkan Ronaldo bersama Seleccao das Quinas adalah runner-up Piala Eropa 2004, peringkat keempat Piala Dunia 2006, dan semifinalis Piala Eropa 2012.

"Iker (Casillas) tidak perlu menceritakan kepadaku bagaimana rasanya mengangkat trofi piala dunia. Aku pernah mengangkat trofi Liga Champions. Namun, mengangkat trofi piala dunia pastinya lebih baik, karena kalian pasti tidak akan pernah melupakannya," kata Ronaldo.

"Mimpiku dan semua orang-orang Portugal adalah memenangi gelar yang penting seperti gelar piala dunia. Karena itu, kami harus berhati-hati agar tak cedera saat beraksi di lapangan. Mengambil semua langkah demi langkah, tetapi tim terbaik yang akan menang. Aku berharap, Portugal dapat menjadi yang terbaik."

Hasil undian Piala Dunia 2014 menempatkan Portugal tergabung di Grup F bersama Jerman, Amerika Serikat dan Ghana. "Ini merupakan grup yang sulit, karena Jerman merupakan tim yang selalu difavoritkan untuk memenangi turnamen. Amerika Serikat dan Ghana juga merupakan tim yang bagus," ujar Ronaldo.

"Harapan kami semua, kami dapat melangkah sejauh mungkin. Prioritas awal tentunya bisa lolos dari grup dan kemudian menatap apa yang akan terjadi. Kami harus realistis dalam melihat kesulitan-kesulitan yang akan kami hadapi. Namun, kami akan mampu mengatasinya. Ini tergantung pada adanya rasa percaya diri yang dimiliki setiap pemain, dan bagaimana untuk tetap fokus, karena itu sangat penting. Aku harap kami dapat melangkah sejauh mungkin," bebernya.

"Aku akan mencoba melakukan yang terbaik yang aku bisa. Aku selalu berusaha bermain baik untuk timnas, seperti halnya yang aku lakukan di klub. Kami harus melupakan segala kenangan buruk pada masa lalu. Aku akan membantu negaraku dan pada level individu, berusaha mencetak banyak gol. Aku selalu berusaha meningkatkan level standar permainanku," pungkasnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X