Berkat Gol Pemain Korsel, Leverkusen Bungkam Dortmund

Kompas.com - 08/12/2013, 02:29 WIB
Ferril Dennys

Penulis

DORTMUND, KOMPAS.com - Borussia Dortmund takluk 0-1 dari Bayer Leverkusen dalam lanjutan Bundesliga 1 di Signal Iduna Park, Sabtu (7/12/2013). Hasil ini membuat Dortmund terkunci di peringkat ketiga dengan merangkum 31 poin. Adapun Leverkusen kokoh di peringkat kedua dengan 37 poin, atau tertinggal empat poin dari  Bayern Muenchen di puncak klasemen.

Kemenangan Leverkusen dipersembahkan oleh gol cantik Son Heung-min pada menit ke-18. Pemain asal Korea Selatan tersebut berhasil menguasai bola dari Gonzalo Castro. Ia kemudian merangsek ke dalam kotak penalti dan berhasil mengecoh kiper Roman Weidenfeller. Tanpa kesulitan, Son Heung-min menjaringkan bola.

Son Heung-min nyaris kembali mencetak gol pada menit ke-30. Pemain berusia 21 tahun tersebut berdiri bebas di dalam kotak penalti saat melepaskan tembakan. Kali ini, Son Heung-min harus gigit jari karena bola hasil tembakannya masih bisa diblok Weidenfeller.

Setelah kebobolan, Dortmund terlihat mendominasi permainan. Namun, usaha mereka untuk mencetak gol balasan tak membuahkan hasil sampai turun minum.

Setelah jeda, pelatih Dortmund Jurgen Klopp memasukkan Marco Reus pada menit ke-63. Masuknya, Reus, tidak mengubah keadaan sampai Dortmund akhirnya unggul jumlah pemain pada menit ke-80. Emir Spahic diganjar kartu merah setelah berselisih dengan salah satu pemain Dortmund.

Minus satu pemain, pelatih Leverkusen Sami Hyypia memilih menarik Son Heung-min dan menggantikannya dengan seorang bek tengah, Philipp Wollscheid, pada menit ke-82.

Namun,  Dortmund juga harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Sokratis Papastathopoulos mendapat kartu kuning kedua pada injury time. Alhasil, Dortmund tak mampu mencetak gol balasan hingga laga usia.  

Susunan Pemain
Borussia Dortmund: 1-Roman Weidenfeller; 2-Manuel Friedrich, 19-Kevin Grosskreutz, 25-Sokratis Papastathopoulos, 37-Erik Durm; 6-Sven Bender (Marco Reus 63), 10-Henrik Mkhitaryan, 16-Jakub Blaszczykowski (Jonas Hofmann 67), 17-Pierre-Emerick Aubameyang, 18-Nuri Sahin (Lukasz Piszczek 82); 9-Robert Lewandowski
Pelatih: Jurgen Klopp

Bayern Leverkusen: 1-Bernd Leno; 5-Emir Spahic, 10-Emre Can, 21-Oemer Toprak, 26-Giulio Donati; 6-Simon Rolfes, 8-Lars Bender, 27-Gonzalo Castro; 7-Son Heung-min ( Philipp Wollscheid 82), 11-Stefan Kiessling, 13-Jens Hegeler
Pelatih: Sami Hyypia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com