Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prandelli Kritik Sistem Pembagian Pot Undian Grup Piala Dunia 2014

Kompas.com - 06/12/2013, 18:27 WIB
Ferril Dennys

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli, mengaku kecewa terhadap sistem pembagian pot penggundian fase grup Piala Dunia 2014 yang mengacu ranking FIFA pada bulan Oktober 2013.

Italia masuk ke pot empat bersama Bosnia-Herzegovina, Kroasia, Inggris, Perancis, Yunani, Belanda, Portugal, dan Rusia. Pembagian pot-pot tersebut mengacu mengacu ranking FIFA pada bulan Oktober, bukan ranking FIFA terbaru yakni bulan November.

Berdasarkan ranking FIFA pada bulan Oktober, Italia bertengger di peringkat kedelapan bersama Belanda. Alhasil, Italia tidak berada di pot satu. Delapan negara yang berhak berada di pot satu adalah Brasil, Spanyol, Jerman, Argentina, Kolombia, Belgia, Uruguay, dan Swiss.  

"Saya mengatakan, FIFA harus mempertimbangkan sistem pembagian pot pada masa yang akan datang. Semua orang bisa melihat ada sesuatu yang tidak benar dengan sistem saat ini," jelas Prandelli.

"Apakah berdasarkan ranking FIFA? Tentu, kami berada di peringkat ketujuh lagi. Kami selalu masuk dalam tujuh terbaik selama 2,5 tahun. Namun, kita hanya mengacu pada bulan Oktober. Itu sedikit konyol," lanjut Prandelli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com