Kompas.com - 05/12/2013, 23:42 WIB
Pemain naturalisasi tim nasional Indonesia, Sergio van Dijk. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Pemain naturalisasi tim nasional Indonesia, Sergio van Dijk.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
BANDUNG, KOMPAS.com — Pendukung fanatik Persib Bandung, bobotoh, tak terlalu keberatan dengan keputusan ujung tombak Maung Bandung, Sergio van Dijk, yang ingin hengkang. Mereka menilai itu adalah keputusan yang wajar.

Menurut duo pentolan Viking Persib Fans Club, Ayi Beutik dan Yana Umar, Persib seharusnya menghargai keputusan yang telah diambil oleh Sergio untuk hengkang. Mereka tidak perlu menyesali terlalu dalam.

"Kepindahan pemain dalam sepak bola adalah hal yang wajar. Pemain juga ingin mencari tim yang lebih baik. Tidak masalah mau dipertahankan atau tidak, namanya juga sepak bola profesional," tutur Ayi saat ditemui di Radio Bobotoh FM Jalan Sulanjana Kota Bandung, Kamis (5/12/2013).

Ayi menambahkan, dalam dunia sepak bola profesional, tidak menjadi jaminan pemain bagus bakal loyal dalam satu tim meski sudah diberi fasilitas melimpah.

"Ya, sekarang profesional saja. Tidak ada jaminan pemain yang memang ingin main di Persib bisa loyal di Bandung."

Di tempat yang sama, Yana menambahkan, Persib sebagai sebuah tim sepak bola profesional tidak boleh tergantung dengan satu pemain. Menurutnya, masih banyak pengganti Sergio yang memiliki kualitas tidak jauh berbeda.

"Jangan terlalu tergantung dengan Sergio meskipun akselerasi dan instingnya sangat bagus," bebernya.

Namun, Yana menganggap Sergio kurang profesional lantaran memutuskan pindah sebelum kontrak resminya bersama Persib berakhir.

"Sangat disayangkan Sergio keluar dari Persib, kenapa tidak diselesaikan dulu kontrak dengan Persib. Tapi bagaimanapun juga, bagi bobotoh, semua pemain adalah ikon," pungkasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X