Kompas.com - 04/12/2013, 22:19 WIB
Pemilik sekaligus Presiden baru Inter Milan, Erick Thohir asia newsPemilik sekaligus Presiden baru Inter Milan, Erick Thohir
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemilik DC United Erick Thohir mengatakan, saat ini sepak bola sudah menjadi salah satu olahraga terpopuler di Amerika Serikat, bersama dengan bola basket, American football, dan bisbol. Menurutnya, ada banyak hal yang membuat sepak bola kian populer di negeri tersebut.

"Yang menarik dari sepak bola sekarang, suka tidak suka, olahraga ini adalah olahraga dunia," kata Thohir, di Jakarta, Rabu (4/12/2013).

"Kalau American football-kan memang olahraganya (orang Amerika Serikat) saja. Bola basket meski mendunia, tapi didominasi tinggi badan, sesuatu yang sulit bagi orang Asia. Bisbol juga olahraga mereka."

"Jumlah warga keturunan di Amerika Serikat, misalnya Meksiko dan Hispanic, juga dari Asia, mendongkrak pertumbuhan sepak bola di AS."

"Kemudian, kelas menengah di AS melihat sepak bola sebagai olahraga yang aman. Kalau American football-kan ada body contact, yang akhirnya (berpotensi membuat tulang) patah. Jadi, mereka melihat sepak bola sebagai alternatif untuk kelas menengah, juga untuk wanita. Sekarang (sepak bola) sudah dimainkan di sekolah-sekolah."

"Jumlah anak muda AS yang bermain sepak bola ada 18 juta orang. Bandingkan dengan bisbol yang saat ini dimainkan 8 juta orang."

"Di majalah World Soccer, Liga Amerika Serikat (MLS) masuk tujuh besar dunia karena rata-rata penontonnya 20.000 orang. Lalu, semua klub punya stadion yang sangat bagus. Televisi juga menyiarkan (pertandingan sepak bola) secara konsisten."

"Dan saya rasa, di tingkat Piala Dunia, AS sudah konsisten masuk (putaran final), walaupun belum masuk delapan besar atau empat besar."

Thohir menjelaskan, meningkatnya kualitas sepak bola Amerika Serikat tampak dari semakin banyaknya pemain sepak bola liga Eropa pindah ke MLS.

"Dengan gaji yang ditawarkan, banyak pemain Eropa mulai ke AS juga, misalnya Marco Di Vaio dan Alessandro Nesta. Terakhir, saya dengar Jermaine Defoe juga (berminat bermain di MLS). Saya percaya itu karena AS memang menciptakan industri olahraga dengan sangat luar biasa," tutur Thohir.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X