Kompas.com - 03/12/2013, 23:51 WIB
Pesepak bola asal Kamerun, Salomon Begondo. Dok. TribunnewsPesepak bola asal Kamerun, Salomon Begondo.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAloysius Gonsaga AE

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tidak akan mewarisi tunggakan utang Persipro Probolinggo kepada pemainnya, Salomon Bengondo. Persipro memiliki utang sebesar Rp 120 juta kepada pemainnya yang telah meninggal tersebut.

Seperti diberitakan, Salomon meninggal dunia pada Jumat (29/11/2013), di RSUD Tangerang akibat sakit. Hingga saat ini, Salomon belum menerima gaji secara penuh dari klubnya tersebut. Pemain asal Kamerun ini baru menerima 15 persen dari nilai kontrak yang telah disepakati.

"PSSI tidak ingin dalam posisi mewariskan hal buruk. Jika setiap saat PSSI harus mengambil alih tanggung jawab klub, sampai kapan pun secara legal itu tanggung jawab klub, bukan PSSI," kata Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono, di Kantor PSSI, Selasa (3/12/2013).

Menurut Joko, tugas PSSI memverifikasi, apakah suatu klub layak ikut kompetisi atau tidak. Kelayakan dapat dilihat dari kondisi keuangan klub, yakni apakah klub tersebut bebas dari utang, serta apakah dana yang dimiliki cukup mengarungi kompetisi selama semusim.

Dalam kasus Salomon, lanjut Joko, PSSI akan membantu dalam hal pengurusan jenazah, yang meliputi menebus biaya rumah sakit, dan memulangkan jenazah ke negara asalnya.

"Yang penting orang meninggal secara kemanusiaan kita urus. Jangan sampai sudah meninggal tidak terurus," ucapnya.

"Kalau urusan gaji, saya kira nanti Persipro harus proaktif untuk memberikan laporan, karena bagaimanapun itu (gaji) hak keluarga."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.