Kompas.com - 27/11/2013, 04:39 WIB
Pemain Ajax Amsterdam, Danny Hoesen saat melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Barcelona pada matchday kelima Grup H Liga Champions di Amsterdam Arena, Selasa atau Rabu (27/11/2013) dini hari WIB. Ajax menang 2-1 pada laga tersebut. AFP / Stanley GonthaPemain Ajax Amsterdam, Danny Hoesen saat melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Barcelona pada matchday kelima Grup H Liga Champions di Amsterdam Arena, Selasa atau Rabu (27/11/2013) dini hari WIB. Ajax menang 2-1 pada laga tersebut.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
AMSTERDAM, KOMPAS.com — Ajax Amsterdam berhasil menang 2-1 atas Barcelona meski harus bertanding dengan 10 pemain sejak menit ke-48 dalam matchday kelima Grup H Liga Champions di Stadion Amsterdam Arena, Selasa atau Rabu (27/11/2013). Dua gol Ajax dicetak Thulani Serero dan Danny Hoesen. Barcelona memangkas skor melalui Xavi.

Meski kalah, Barcelona masih tetap memimpin klasemen sementara dengan poin 10, unggul dua angka dari Milan di peringkat kedua. Sementara itu, Ajax membuntuti di posisi ketiga dengan poin tujuh.

Bermain di hadapan pendukung sendiri, Ajax tampil percaya diri sejak menit-menit awal pertandingan. Bahkan, skuad asuhan Frank de Boer itu mampu menciptakan peluang lebih dulu saat laga memasuki menit ke-10.

Peluang itu berawal dari aksi Davy Klaassen di sisi kanan lapangan yang kemudian melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Viktor Fischer menyambut umpan itu. Sayang, bola tendangannya masih dapat ditepis cukup baik oleh kiper Barcelona, Jose Pinto.

Barcelona berusaha membalas pada empat menit berselang. Akan tetapi, peluang Neymar dari dalam kotak penalti masih belum membuahkan hasil karena bola hasil sepakannya masih dapat diblok cukup baik oleh bek Ajax.

Pendukung tuan rumah akhirnya bersorak pada menit ke-19. Kembali berawal dari sisi kanan lapangan, Ricardo van Rhijn melepaskan umpan silang yang langsung disambut oleh Sorero dengan tendangan keras yang bolanya masuk ke pojok kiri gawang Pinto.

Absennya Lionel Messi membuat serangan Barcelona terlihat kurang tajam. Beberapa kali upaya Neymar dan kawan-kawan mampu dipatahkan oleh barisan belakang Ajax yang tampil cukup disiplin sepanjang pertandingan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Empat menit sebelum turun minum bahkan Ajax mampu kembali unggul melalui Hoesen. Gol itu berawal dari tendangan keras Fischer yang mampu ditepis Pinto. Namun, bola tepisan Pinto jatuh ke kaki Hoesen yang dengan tenang mengecoh Gerard Pique dan Carles Puyol sebelum melepaskan tendangan untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Selepas turun minum, Ajax harus bertanding dengan 10 pemain setelah wasit mengeluarkan kartu merah untuk Joel Veltman karena melanggar Neymar di kotak terlarang pada menit ke-48. Hadiah penalti yang diberikan wasit pun tidak disia-siakan Xavi untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Barcelona berusaha membalas hingga menit-menit akhir pertandingan. Neymar memperoleh peluang tiga menit sebelum laga usai. Namun, bola tendangannya dari dalam kotak penalti masih dapat diamankan oleh kiper Ajax, Jasper Cillessen. Skor 2-1 untuk Ajax pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Sepanjang pertandingan, menurut catatan UEFA, Barcelona menguasai bola sebanyak 59 persen dan menciptakan delapan tembakan akurat dari 10 usaha. Adapun Ajax melepaskan enam peluang emas dari sembilan percobaan.

Susunan pemain:
Ajax (4-3-3): 22-Jasper Cillessen; 2-Ricardo Van Rhijn, 12-Joel Veltman, 4-Niklas Moisander, 15-Nicolai Boilesen (5-Christian Poulsen 34); 18-Davy Klaassen, 17-Daley Blind, 25-Thulani Serero; 20-Lasse Schone (24-Denswill 51), 23-Danny Hoesen, 7-Viktor Fischer
Pelatih: Frank de Boer

Barcelona (4-3-3): 13-Jose Manuel Pinto; 5-Carles Puyol (27-Gabarron 68), 14-Javier Mascherano, 3-Gerard Pique, 2-Martin Montoya; 6-Xavi (24-Sergi Roberto 74), 17-Alex Song, 8-Andres Iniesta; 7-Pedro, 4-Cesc Fabregas, 11-Neymar
Pelatih: Gerardo Martino

Wasit: Pavel Kralovec (Ceko)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.