"Tembok Baja" Setan Merah Tutup Usia

Kompas.com - 25/11/2013, 23:23 WIB
Legenda Manchester United, Bill Foulkes Dok. MULegenda Manchester United, Bill Foulkes
Penulis Ary Wibowo
|
EditorTjatur Wiharyo
MANCHESTER, KOMPAS.com — Legenda Manchester United (MU), yang juga merupakan saksi hidup tragedi Muenchen 1958, Bill Foulkes (81), meninggal dunia setelah jatuh sakit, Senin (25/11/2013).

"Manchester United sangat bersedih untuk kabar bahwa bek tengah legendaris, Bill Foulkes telah meninggal dunia pada usia 81 tahun," demikian pernyataan resmi MU.

Foulkes bergabung bersama MU pada 1951. Pria yang berposisi sebagai bek tengah itu melakukan debut pada usia 20 tahun, saat Setan Merah menghadapi Liverpool, 13 Desember 1952.

Foulkes, yang dijuluki Wall of Steel (tembok baja) karena kepiawaiannya mengawal pertahanan MU, menjadi salah satu anggota "Busby Babes" yang pulang dari Beograd, Yugoslavia, seusai menahan seri Red Star Belgrade 3-3 dalam laga Piala Champions.

Namun, ketika pesawat lepas landas setelah transit di Bandara Internasional Munich-Reim pada 6 Februari 1958 terjadilah tragedi yang menyebabkan badan pesawat hancur berkeping-keping.

Tujuh pemain MU, Geoff Bent, Roger Byrne, Eddie Colman, Mark Jones, David Pegg, Tommy Taylor, dan Liam "Billy" Whelan tewas seketika. Sedangkan, Duncan Edwards meninggal di rumah sakit pada 21 Februari. Sementara itu, 15 penumpang lainnya, termasuk wartawan dan ofisial MU ikut mengembuskan napas terakhir.

Foulkes selamat dari tragedi itu bersama Bobby Charlton, Johnny Berry, Jackie Blanchflower, Dennis Viollet, Ray Wood, Kenny Morgans, Harry Gregg, dan Albert Scanlon. Adapun Pelatih Matt Busby turut selamat meski terluka parah.

Foulkes beruntung bisa selamat meski badan pesawat yang terbelah tepat berada di bawah kursinya. Ia dikabarkan hanya mengalami luka di bagian kepala akibat terbentur botol gin milik Kedutaan Inggris yang berada dalam pesawat.

"Pesawat terpental dan semuanya tidak jelas karena berlangsung cukup cepat dan kemudian kami terpelanting tiga kali dan semuanya berputar. Sedetik kemudian saya duduk di kursi saya dan merasakan kaki saya sudah berada di salju," kenang Foulkes atas tragedi tersebut.

Fakta Bill Foulkes
Nama Lengkap: William Anthony Foulkes
Lahir: St Hallens, Inggris, 5 Januari 1932
Posisi: Bek Tengah
Karier: Manchester United (1951-1970 - 688 pertandingan/9 gol)
Prestasi: 4 Juara Divisi Utama Liga Inggris, 1 Piala FA, 1 Piala Eropa, 4 Charity Shield

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X