Stoichkov: Peraih Ballon d'Or 2013 Sudah Ditentukan

Kompas.com - 21/11/2013, 03:01 WIB
Pemain sayap Perancis dan Bayern Muenchen, Franck Ribery. FRANCK FIFE / AFPPemain sayap Perancis dan Bayern Muenchen, Franck Ribery.
EditorTjatur Wiharyo
BARCELONA, KOMPAS.com — Legenda Barcelona Hristo Stoichkov mengaku malas bicara soal penghargaan FIFA Ballon d'Or 2013. Menurutnya, peraih penghargaan itu sudah ditentukan.

Ada 23 pemain yang masuk daftar calon peraih FIFA Ballon d'Or. Dari para pemain itu, sejumlah kalangan menilai ada tiga orang yang betul-betul berpeluang meraih penghargaan itu, yaitu Lionel Messi (Barcelona), Cristiano Ronaldo (Real Madrid), dan Franck Ribery (Bayern Muenchen).

Messi sudah empat kali meraih FIFA Ballon d'Or sehingga dinilai sejumlah kalangan tak akan meraihnya kali ini. Jika betul begitu, FIFA Ballon d'Or akan menjadi milik Ronaldo atau Ribery.

Secara individu, Ronaldo lebih menonjol daripada Ribery. Pada 2013, Ronaldo mencetak 12 gol dalam 12 penampilan di Liga Champions dan 34 gol dalam 34 pertandingan Liga BBVA. Namun, gol-gol itu tak membuahkan trofi untuk Madrid.

Pada periode yang sama, Ribery mencetak 10 gol dalam 27 pertandingan Bundesliga dan satu gol dalam 11 penampilan di Liga Champions. Namun, Ribery mengakhiri musim sebagai juara Liga Champions, Bundesliga, dan Piala Jerman.

"Keputusan (soal siapa peraih FIFA Ballon d'Or 2013) sudah diambil. Ini membuat saya kesal. (Presiden UEFA) Michel Platini adalah perekayasa ulung dan Ribery adalah orang Perancis dan telah memenangi banyak trofi (Liga Champions, Bundeliga, dan Piala Jerman 2013)," ujar Stoichkov.

"Pada 1994 mereka (tim nasional Perancis) mencoba menyingkirkan kami (Bulgaria) dan kemudian ada wasit Perancis yang keputusannya merugikan Spanyol. Hal-hal ini harus dikatakan," tambahnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Marca
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X