Messi: Sepatu Emas Ini Milik Barcelona

Kompas.com - 21/11/2013, 02:09 WIB
Penyerang Barcelona Lionel Messi menerima Sepatu Emas dari ESM (European Sports Media), di Old Factory Damm, Barcelona, Rabu (20/11/2013). LLUIS GENE / AFPPenyerang Barcelona Lionel Messi menerima Sepatu Emas dari ESM (European Sports Media), di Old Factory Damm, Barcelona, Rabu (20/11/2013).
EditorTjatur Wiharyo
BARCELONA, KOMPAS.com — Penyerang Barcelona Lionel Messi menerima Sepatu Emas dari European Sports Media (ESM) di Old Factory Damm, Barcelona, Rabu (20/11/2013). Menurutnya, Sepatu Emas bukan penghargaan yang bersifat individual karena ia tak mungkin meraihnya tanpa bantuan rekan-rekannya.

"Ini adalah penghargaan grup yang sangat indah karena aku tak mungkin meraihnya hanya karena usahaku. Ini juga untuk keluargaku, orang-orang yang mencintaiku, dan skuad (Barcelona)," ujar Messi.

Messi meraih penghargaan sepatu emas atas pencapaian mencetak 46 gol di Liga BBVA 2012-2013. Ini Sepatu Emas ketiga yang diraih Messi. Sebelumnya, ia meraih Sepatu Emas pada 2009-2010 (34 gol) dan 2011-2012 (50 gol).

Penghargaan kali ini diterima Messi dalam keadaan masih dalam masa pemulihan cedera pada paha. Messi mengalami cedera itu pada 10 November 2013 dan diperkirakan akan menjalani pemulihan selama 6-8 pekan.

Itu adalah cedera pada paha ketiga yang dialami Messi pada 2013 ini. Serangkaian cedera itu dinilai sejumlah kalangan membuat Messi hanya mencetak lima gol dan satu assist dalam 10 penampilan terakhir.

Messi sendiri mengaku tak memikirkan soal pencapaian personal, termasuk Ballon d'Or 2013. Menurutnya, satu-satunya hal yang penting baginya adalah menjalani proses pemulihan sebaik mungkin.

"Aku merasa lebih baik, mengalami kemajuan secara perlahan, hampir tanpa rasa sakit, dan mulai melakukan sejumlah kegiatan. Aku tak memasang target soal kapan akan kembali bermain. Itu bergantung pada banyak hal lain. Ketika waktunya tiba, aku akan kembali bermain," ujar Messi.

"Ballon d'Or 2013 bukanlah tujuanku dan tak pernah menjadi tujuanku. Targetku adalah kembali bermain dan kembali bermain dengan bugar sehingga aku bisa tenang," tuturnya.



Sumber Barcelona
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X