Jamu Irak, Jacksen Minta Timnas Main Lepas

Kompas.com - 18/11/2013, 14:17 WIB
Pelatih Jacksen F Tiago (tengah) saat memimpin sesi latihan tim nasional Indonesia. TRIBUNNEWS.com/DANNY PERMANAPelatih Jacksen F Tiago (tengah) saat memimpin sesi latihan tim nasional Indonesia.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAry Wibowo
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, mengaku mempunyai cukup referensi untuk menghadapi Irak pada matchday keempat kualifikasi Grup C Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (19/11/2013). Ia pun berharap anak asuhnya bisa tampil maksimal agar mampu meraih kemenangan pada laga tersebut.

Di pertemuan pertama, Indonesia takluk 0-1 di Stadion Al-Rashid, Dubai, Uni Emirat Arab, 6 Februari 2013. Saat ini, posisi skuad Merah Putih masih berada di peringkat keempat klasemen sementara Grup C dengan poin satu dari total empat pertandingan.

Jacksen mengaku, telah menyaksikan sejumlah rekaman pertandingan Irak dalam putaran kualifikasi Piala Asia. Menurutnya, hal tersebut akan dijadikan referensi bagi tim pelatih untuk menentukan racikan strategi menghadapi Irak, yang saat ini berada di posisi ketiga dengan poin tiga.

"Saya sebagai pelatih mempunyai tugas bukan untuk melatih pemain bermain sepak bola. Tugas saya adalah mencari informasi dari tim lawan agar para pemain bisa menguasai pertandingan," ujar Jacksen saat jumpa pers di SUGBK, Jakarta, Senin (18/11/2013).

"Tetapi, semua informasi itu juga harus didukung dengan pemain. Pemain harus bermain lepas dan jangan terpaku dengan instruksi pelatih saja. Mereka harus mempunyai konsep bermain," tambahnya.

Jacksen mengakui Indonesia memang akan mendapat atmosfer berbeda saat menghadapi Irak. Karena itu, menurut pelatih asal Brasil tersebut, tim pelatih kemungkinan juga akan menurunkan konsep berbeda dari pertemuan pertama.

"Semua pertandingan pasti berbeda. Tetapi, apapun yang kita lakukan besok tidak akan jauh berbeda. Mungkin ada beberapa hal yang menyangkut strategi yang bakal kita terapkan besok," kata Jacksen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X