Kompas.com - 16/11/2013, 04:43 WIB
|
EditorOkky Herman Dilaga
MILAN, KOMPAS.com — Tim nasional Italia memaksa Jerman bermain imbang 1-1 dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Jumat (15/11/2013).

Di depan publiknya sendiri, Italia sempat tertinggal. Gol Jerman diciptakan Mats Hummels pada menit kedelapan. Pemain Borussia Dortmund tersebut menaklukkan kiper Gianluigi Buffon setelah berhasil menanduk bola dari umpan sepak pojok yang dilepaskan Toni Kroos.

Berselang sepuluh menit kemudian, gawang Buffon nyaris kembali kebobolan. Kali ini, gawang tim tuan rumah menerima ancaman dari tembakan keras Sami Khedira. Beruntung, bola hasil tembakan pemain Real Madrid tersebut masih membentur tiang.

Keasyikan menyerang, Jerman kebobolan oleh aksi Ignazio Abate pada menit ke-28. Abate yang beroperasi sebagai bek kanan berhasil merangsek ke jantung pertahanan lawan. Pemain AC Milan tersebut kemudian melakukan kerja sama satu-dua dengan Leonardo Bonucci. Begitu menguasai bola, Abate melepaskan tembakan keras yang sulit dibendung kiper Manuel Neuer.

Gol tersebut membuat laga semakin sengit. Der Panzer nyaris kembali unggul pada menit ke-31. Andre Schuerrle dari luar kotak penalti berhasil melepaskan tembakan keras. Apes bagi Jerman, bola hasil tembakan pemain Chelsea tersebut masih menghantam mistar.  

Italia berusaha keluar dari tekanan. Mario Balotelli dan kawan-kawan terlihat lebih banyak menguasai pertandingan pada menit-menit akhir. Namun, Jerman mampu menjaga pertahanannya hingga wasit meniup peluit panjang. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.  

Selepas turun minum, Pelatih Jerman, Joachim Loew, langsung memasukkan dua pemain baru, yakni Marco Reus dan Mesut Oezil, menggantikan Schuerrle dan Goetze. Adapun Pelatih Italia, Cesare Prandelli, memainkan Antonio Candreva untuk menggantikan Osvaldo.

Loew sedikit dipusingkan dengan cedera yang dialami Khedira pada menit ke-67. Pemain Real Madrid tersebut mengerang kesakitan seusai berbenturan dengan Pirlo. Tak ingin mengambil risiko, Loew langsung menarik Khedira dan menggantikannya dengan Sven Bender.  

Namun, laga masih alot. Bahkan, permainan cenderung keras yang sempat memicu perselisihan antar-pemain kedua tim. Kroos dan Thiago Motta harus menerima kartu kuning setelah keduanya sempat cekcok pada menit ke-81.

Sembilan menit waktu tersisa, Jerman lebih banyak menguasai permainan. Jerman nyaris kembali unggul setelah Bonucci melakukan blunder pada menit ke-89. Beruntung bagi Italia, Buffon masih cermat mengamankan bola.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.