Kompas.com - 15/11/2013, 13:30 WIB
Kiper tim nasional Indonesia U-19, Ravi Murdianto. Ferril DennysKiper tim nasional Indonesia U-19, Ravi Murdianto.
|
EditorOkky Herman Dilaga
BATU, KOMPAS.com - Kiper tim nasional Indonesia U-19, Ravi Murdianto, mendapat tantangan berat untuk mempertahankan posisinya sebagai pemain inti. Tantangan tersebut datang dari tiga pesaing lain, yakni Ruli Desrian (PSP Padang U-18), Awan Setho Raharji (dari SAD) dan Dikri Yusron Afafa (Persib Bandung U-21).

Menurut pelatih kiper timnas U-19, Djarot Supriadi, staf pelatih akan memulai seleksi kiper utama dari titik nol. Tujuannya, agar keberadaan Ravi, yang selama ini sebagai kiper utama timnas U-19 lebih tekun untuk meningkatkan kemampuannya.

"Iklim perebutan posisi memang saya ciptakan. Agar pemain tidak bermalas-malasan dan semangat mengikuti latihan selama di Batu," kata Djarot.

Kehadiran tiga kiper lain memang memang dipilih secara khusus. Menurut Djarot, semua kiper memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk mengisi kiper utama timnas U-19.

"Artinya, keempat kiper yang ada saat ini dituntut untuk menunjukkan performa dan disiplin yang baik pada saat menggelar latihan," lanjutnya.

Semua kiper dinilai Djarot memang memiliki keutamaan dan keistimewaan masing-masing. "Soal hasil nanti setelah pemusatan latihan. Kami akan serahkan kepada pelatih Indria Sjafri," tambah Djarot.

Untuk saat ini, yang masih menjadi referensi pilihan Djarot tetap sosok Ravi. Namun, jika Ravi mengalami penurunan saat latihan, bukan tidak mungkin kiper lain yang akan dinaikkan menjadi kiper utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ravi masih tampil menawan di berbagai ajang internasional beberapa lalu itu. Kami masih anggap ia memiliki kemampuan dan pengalaman yang bagus. Sampai saat ini, kami masih terus melakukan seleksi," pungkasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.