Kompas.com - 14/11/2013, 18:20 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, mengungkapkan, skuadnya akan tampil habis-habisan saat melawan China pada matchday keempat Kualifikasi Grup C Piala Asia 2015 di Stadion Shanxi, Xi’an, Cina, Jumat (15/11/2013). Timnas, kata dia, sudah mempersiapkan laga tersebut dengan maksimal.

Di pertemuan pertama, Indonesia berhasil menahan imbang China 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (15/9/2013). Sempat tertinggal lebih dulu melalui gol Wu Xi, Indonesia berhasil membalas berkat torehan Boaz Solossa.

Skuad Garuda sudah tiba di Xi'an, China pada Selasa (12/11/2013), setelah menjalani pertandingan uji coba di Korea Utara melawan April 25 Sports Club,Minggu (10/11/2013). Boaz dan kawan-kawan takluk 0-2 pada pertandingan tersebut.

Setelah tiba di China, timnas dikabarkan langsung menjalani latihan perdana pada Selasa malam. Latihan itu dimaksudkan agar para pemain bisa beradaptasi dengan cuaca untuk melawan hawa dingin.

"Ini saatnya kami bertarung. Persiapan teknis kami lakukan secara rutin di lapangan tiap malam jam 19:00 waktu China. Kemarin dan tadi siang jam 11, kami mengelar class room dengan pemain sambil melihat rekaman pertandingan kami maupun China. Semoga Tuhan merestui kemenangan bagi kami di China," ungkap Jacksen.

Jacksen mengaku, tidak ada instruksi khusus untuk melawan China. Menurutnya, dalam latihan, tim pelatih mencoba sejumlah taktik dan strategi untuk mewaspadai semua kemungkinan yang bisa terjadi dari segi permainan China.

"Yang jelas, semua aspek telah kami persiapkan. Di awal pertandingan nanti, kami akan bermain seperti apa yang biasa kami tampilkan selama ini, karena itulah yang kami kembangkan dalam setiap latihan dan berharap kami bisa tingkatkan kecepatan serangan kami nanti," kata Jacksen.

"Motivasi kami adalah kembali ke Indonesia sebagai pemenang dan tetap menjaga peluang Indonesia lolos Piala Asia 2015," tukasnya.

Indonesia saat ini masih berada di posisi juru kunci Grup C Pra-Piala Asia dari hasil dua kali kalah dan sekali imbang. Sementara, China menempati posisi kedua dengan poin empat, kalah lima angka dari Arab Saudi di puncak klasemen.

Peringkat ketiga diisi Irak dengan poin tiga. Dengan begitu, mau tidak mau, skuad Merah Putih harus meraih poin penuh melawan China agar menjaga asa lolos ke putaran final.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.