Kompas.com - 08/11/2013, 19:52 WIB
Mantan pelatih Juventus, Marcello Lippi. Dok. GoalMantan pelatih Juventus, Marcello Lippi.
Penulis Ary Wibowo
|
EditorAry Wibowo
GUANGZHOU, KOMPAS.com — Pelatih Guangzhou Evergrande, Marcello Lippi, selangkah lagi akan mencetak sejarah di Asia menjelang leg kedua final Piala Liga Champions Asia melawan FC Seoul, Jumat (8/11/2013).

Jika mampu meraih trofi tersebut, Lippi akan menjadi pelatih pertama yang sukses mengawinkan gelar juara Liga Champions Eropa dan Asia. Lippi menjuarai Liga Champions Eropa bersama Juventus pada 1996.

Peluang juara Guangzhou Evergrande pun cukup besar karena hanya butuh hasil imbang tanpa gol atau maksimal 1-1 karena pada leg pertama mereka bermain imbang 2-2 pada 26 Oktober.

"Tidak ada perbedaan antara penghargaan ini dan lainnya. Ini akan benar-benar menjadi kepuasan yang besar. Jika saya harus membedakan, satu-satunya penghargaan paling tinggi adalah ketika memenangi Piala Dunia 2006 karena itu sulit untuk dicapai," kata Lippi.

"Saya sangat puas dengan karier yang telah saya capai sekarang. Tetapi, karier itu tidak penuh dengan kesuksesan dan ada banyak kekecewaan juga pada waktu yang sama."

"Saya akan mengutip Michael Jordan, 'Saya telah gagal lebih dari 9.000 tembakan ke ring dalam karier. Saya juga kalah hampir di 300 pertandingan. 26 kali saya dipercaya untuk mengambil tembakan penentu kemenangan dan gagal. Saya berulang-ulang kali gagal dalam hidup dan karena itulah saya bisa sukses'. Jadi, saya telah kembali dari kesalahan untuk meraih kesuksesan," tambahnya.

Terkait dengan peluang juara setelah bermain imbang 2-2 pada leg pertama, Lippi mengatakan, "Tentu, itu tidak akan mudah dan akan menjadi laga yang sulit bagi kedua tim. Kedua tim punya kapasitas untuk menang. Tetapi, semoga fans dapat mengiringi kami untuk meraih kemenangan."

Guangzhou Evergrande merupakan salah satu klub tersukses di China dalam beberapa tahun terakhir. Bila berhasil mengatasi FC Seoul, maka Guangzhou Evergrande akan menjadi klub asal China pertama yang menjuarai Liga Champions Asia sejak 1990.



Sumber Goal
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X