Kompas.com - 08/11/2013, 19:42 WIB
Salah satu rombongan pemain tim nasional Indonesia U-19 saat  tiba di Hotel Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur, Jumat (8/11/2013) sore. Ferril DennysSalah satu rombongan pemain tim nasional Indonesia U-19 saat tiba di Hotel Kusuma Agrowisata, Batu, Jawa Timur, Jumat (8/11/2013) sore.
|
EditorOkky Herman Dilaga
BATU, KOMPAS.com - Sebanyak 40 pemain tim nasional Indonesia U-19 sudah berkumpul di Batu, Jawa Timur, Jumat (8/11/2013) malam ini. Mereka secara bergelombang datang ke Hotel Kusuma Agrowisata.

"Pemain dan ofisial sudah semua di hotel. Total 50 orang," kata Tri Mulyono, salah satu staf hotel.

Para pemain timnas U-19 datang ke Batu untuk mengikuti pemusatan latihan yang akan dimulai, Sabtu (8/11/2013) pukul 07.00 WIB. Salah satu gelandang Garuda Jaya, Muhammad Hargianto, mengaku antusias mendapatkan kesempatan dari pelatih Indra Sjafri untuk mengikuti pelatnas.

"Semoga aku tidak menyia-nyiakan kepercayaan pelatih. Namun, aku harus kerja keras lagi. Itu harus karena tidak mungkin lolos kalau hanya ongkang-ongkang kaki," kata Hargianto saat ditemui Kompas.com di hotel.
 
Hal senada disampaikan Eriyanto. "Aku akan berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik. Kalau nantinya lolos atau tidak, yang penting aku berusaha," tutur pemain Pro Duta tersebut.  

Pelatnas timnas U-19 dibagi ke dalam tiga tahap, yakni persiapan umum, persiapan spesifik, dan pra-kompetisi. Pelatnas tahap pertama lebih fokus terhadap peningkatan fisik pemain. Diharapkan, pemain yang sebelumnya memiliki VO2max (kemampuan maksimal paru-paru menyerap oksigen) 55 meningkat menjadi lima angka. Begitu pula pemain yang memiliki VO2max 55 otomatis dinaikkan ke angka 60.

Mereka dituntut melakukan persiapan maksimal mengingat Piala Asia U-19 dihuni tim-tim kuat. Selain Indonesia, Australia, China, Iran, Irak, Jepang, Myanmar, Oman, Korea Utara, Qatar, Korea Selatan, Thailand, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, dan Yaman tampil dalam ajang dua tahunan ini.

Indra ditargetkan bisa membawa timnya lolos ke babak semifinal Piala Asia U-19 yang digelar di Myanmar pada 2014. Dengan begitu, Garuda Jaya otomatis lolos ke Piala Dunia U-20 Selandia Baru 2015.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.