Resmi, Kuota Pemain Asing di ISL Berkurang

Kompas.com - 08/11/2013, 00:04 WIB
Sekjen PSSI, Djoko Driyono. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Sekjen PSSI, Djoko Driyono.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com — Kuota maksimal pemain asing untuk klub-klub peserta Indonesian Super League (ISL) musim kompetisi 2014 resmi berkurang. Untuk tahun depan, setiap klub hanya boleh diperkuat maksimal empat orang pemain asing. Itu pun dengan komposisi tiga non-Asia, satu Asia, dan hanya tiga yang boleh diturunkan di lapangan.

Dibanding tahun lalu, artinya kuota pemain asing tiap klub berkurang satu orang karena musim lalu setiap klub boleh memiliki maksimal lima pemain asing, dengan komposisi tiga non-Asia dan dua Asia.

"Kita ingin mengombinasikan beberapa pertimbangan. Yang pertama, spirit untuk mengurangi jumlah pemain asing. Dan, kita ingin klub-klub kita yang berkompetisi di Asia bisa bersaing," kata Sekretaris Jenderal PSSI Djoko Driyono seusai pertemuan dengan 25 pengurus klub calon peserta ISL 2014, Kamis (7/11/2013).

Menurut Djoko, aturan tersebut sudah mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh AFC di kompetisi antarklub level Asia.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel JW Marriott tersebut, Djoko mengakui mayoritas klub-klub bahkan hanya menginginkan tiga pemain asing.

"Oleh karena itu, kita kombinasikan jumlah pemain asing yang jumlahnya 3+1 tadi dengan inisiatif mayoritas yang hanya ingin tiga. Jadi boleh kontrak 3+1, tapi yang turun ke lapangan hanya tiga," jelasnya.

Selain aturan 3+1 dan hanya tiga pemain yang boleh diturunkan di lapangan, Djoko juga menerangkan, nantinya klub tidak boleh melakukan pergantian antarpemain asing apabila mereka telah menurunkan tiga pemain asingnya sekaligus.

"Tidak boleh ada pergantian (pemain asing) dalam satu pertandingan. Jadi misalnya turun tiga pada babak pertama, salah satu ditarik keluar di babak kedua kemudian masuk satu orang, itu tidak boleh. Baik di starting eleven maupun substitution ya tiga itu saja," ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, klub-klub yang hadir yaitu Persipura, Arema, Persib, Sriwijaya, Mitra Kukar, Barito Putera, Persisam, Persiram, Gresik United, Persela, Persija, Persepam, Persita, Persiba, PBR, Persebaya, Persik, Perseru, Semen Padang, PSM, Persepar, Persiba Bantul, Persijap, Pro Duta, dan Perseman.

Adapun format kompetisi ISL baru akan diputuskan pada 10 Desember 2013, menunggu proses verifikasi terhadap 25 klub tersebut. Apabila klub yang lolos verifikasi di atas 18, maka kompetisi akan menggunakan format dua wilayah.

Sedangkan apabila klub yang lolos verifikasi hanya 18 atau kurang dari itu, maka kompetisi tetap menggunakan format satu wilayah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X