Kompas.com - 07/11/2013, 23:03 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAloysius Gonsaga AE
JAKARTA, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Indonesia, Jacksen F Tiago, tak memungkiri bahwa prestasi tim nasional U-19 telah melecut semangat pemain-pemain timnas di level senior untuk ikut tampil baik di ajang internasional.

"Saya selalu bilang pada anak-anak, di mana pun di negara mana pun, patokan utama adalah tim senior. Keberhasilan adik-adik kita (timnas U-19) sangat membanggakan. Kita menyadari kita juga harus bisa," kata Jacksen saat sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (7/11/2013).

"Untuk mencapai itu kita harus kerja, kerja, kerja. Karena apa yang mereka capai adalah sejarah mereka, jadi kita harus menciptakan sejarah kita juga."

Jacksen pun optimistis timnas senior dapat memperoleh hasil baik saat bertanding melawan China dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia, Jumat (15/11/2013).

"Harapan kita bawa oleh-oleh berupa nilai dari sana. Target mutlak dapat poin, sisanya Tuhan yang menambah," ujar pria asal Brasil ini.

Saat ini, timnas masih berada di posisi juru kunci Grup C, hasil dua kali kalah dan sekali imbang. Dalam pertandingan terakhir, timnas bermain seri 1-1 kontra China dalam pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 15 Oktober 2013.

Sementara China berada di peringkat kedua dengan nilai empat, hasil dari sekali menang, sekali kalah, dan sekali imbang.

Pucuk pimpinan klasemen masih dipegang Arab Saudi yang kokoh dengan nilai sembilan, sedangkan peringkat ketiga ditempati Irak dengan nilai tiga.

Sementara itu, timnas U-19 sudah melenggang ke putaran final Piala Asia yang akan dihelat di Myanmar tahun depan. Evan Dimas dkk tampil perkasa sebagai juara grup, mengungguli Korea Selatan yang harus puas berada di peringkat kedua.

Sebelumnya, tim asuhan Indra Sjafri ini pun berhasil menjuarai Piala AFF U-19. Prestasi yang belum pernah dicapai timnas senior sampai dengan saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.