Kompas.com - 07/11/2013, 04:37 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
BARCELONA, KOMPAS.com — Bintang Barcelona, Lionel Messi, mencetak dua gol yang menentukan kemenangan timnya 3-1 atas AC Milan pada matchday keempat penyisihan Grup H Liga Champions di Camp Nou, Rabu (6/11/2013). Dengan hasil ini, El Barca yang mengoleksi 10 poin otomatis lolos ke babak 16 besar meskipun menyisakan dua pertandingan. Sementara Milan harus mati-matian meraih kemenangan dalam dua laga terakhir melawan Celtic dan Ajax.

Barca langsung mengambil inisiatif permainan sejak menit awal. Daya dobrak El Barca cukup membahayakan dengan mengandalkan trio Alexis Sanchez, Lionel Messi, dan Neymar. Alves pun cukup rajin membantu penyerangan.

Kondisi ini memaksa Milan bermain bertahan. Praktis, sembilan pemain Milan berada di wilayah pertahanan sendiri untuk meredam serangan dari kubu tuan rumah. Hal ini setidaknya membuat Barca tidak mampu menciptakan gol selama 15 menit pertama.

Selain solidnya lini pertahanan Milan, Barca gagal memanfaatkan sejumlah peluang karena kesalahan yang dilakukannya sendiri, seperti penyelesaian akhir yang tak sempurna serta beberapa kali Messi dan kawan-kawan melakukan kesalahan dalam melepaskan umpan.

Sementara Milan berusaha memanfaatkan serangan balik begitu berhasil menguasai bola. Namun, serangan yang dibangun Milan terlalu mudah dipatahkan.

Milan pun harus menerima hukuman atas kesalahan yang dilakukannya. Ignazio Abate melanggar Neymar di dalam kotak penalti pada menit ke-29. Messi yang maju sebagai algojo berhasil menaklukkan kiper Christian Abbiati.

Milan berusaha meningkatkan serangannya untuk mencetak gol balasan. Salah satu peluang emas datang dari sepakan keras yang dilepaskan Montolivo. Sayang, tembakan gelandang asal Italia tersebut tidak membuahkan hasil.

Namun, Milan harus melihat gawangnya kebobolan untuk kedua kalinya pada menit ke-40. Kali ini, Abbiati gagal membendung tandukan Busquets, memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Xavi Hernandez. Gol Busquets ini jelas dari kesalahan pemain belakang Milan yang lengah mengawal pergerakan pemain asal Spanyol tersebut.  

Barca kecolongan pada menit ke-45. Gerard Pique melakukan gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan yang dilepaskan Kaka. Gol tersebut membuat Barca hanya unggul 2-1 pada babak pertama.

Selepas turun minum, Massimiliano Allegri memasukkan Mario Balotelli untuk menggantikan Robinho. Super Mario nyaris menciptakan gol saat berhasil melepaskan tembakan dari sisi kiri pertahanan Barca. Namun, tembakan Balotelli masih sigap diamankan Victor Valdes.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.