Kompas.com - 02/11/2013, 23:59 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga AE
KOMPAS.com - Manchester United berhasil meraup poin penuh saat tandang ke markas Fulham, Sabtu (2/11/2013), dalam lanjutan Premier League. Pada pertandingan di Craven Cottage ini, MU menang 3-1 lewat gol Antonio Valencia, Robin van Persie dan Wayne Rooney, sedangkan gol balasan tuan rumah dihasilkan Alexander Kacaniklic.

Kemenangan ini tak mempengaruhi posisi MU di klasemen sementara yang bertahan di peringkat kedelapan. Tetapi dengan raihan total 17 poin, membuat persaingan di papan atas Liga Inggris kian seru, menyusul kekalahan 0-2 Chelsea dari Newcastle United. Kini, MU hanya terpaut tiga poin dari Chelsea di peringkat ketiga.

Bermain di kandang lawan, MU tak butuh waktu lama untuk mencetak gol. Pada menit ke-10, MU sukses mencetak gol yang dihasilkan Valencia. Robin van Persie, yang mendapat pengawalan, berhasil melepaskan umpan terobosan kepada Wayne Rooney yang beroperasi di sektor kanan pertahanan tuan rumah. Striker Inggris ini tak memaksakan diri melepaskan tembakan ke gawang yang penuh dengan pemain lawan, tetapi menyodorkan umpan silang kepada Valencia di sayap kanan, yang menyambutnya dengan tendangan kaki kanan ke gawang.

Fulham berusaha membalas. Pada menit ke-17 mereka nyaris mewujudkan harapannya melalui Dimitar Berbatov. Sayang, sontekan mantan striker MU ini saat menerima umpan terobosan, masih melenceng tipis di sisi kiri gawang David de Gea, yang sudah maju untuk menutup pergerakannya.

MU meresponsnya dengan sangat positif. Hanya berselang tiga menit, Setan Merah justru menambah gol yang kali ini dihasilkan Van Persie. Striker Belanda ini mengeksekusi peluang yang dimilikinya dengan tendangan kaki kiri dari sudut sempit.

Setelah itu, giliran Rooney yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa MU unggul 3-0 pada menit ke-22. Kali ini Van Persie yang menjadi inspirator karena dari sayap kanan dia melepaskan umpan datar ke mulut gawang yang dengan mudah disambar Rooney.

Usai gol tersebut, tempo permainan agak mengendur. MU tampaknya tak terlalu bernafsu lagi untuk menambah gol, karena tim besutan David Moyes ini lebih mengandalkan ball possession untuk mengontrol jalannya pertandingan. Skor di paruh pertama 3-0 untuk Setan Merah.

Di babak kedua, Fulham secara perlahan mampu keluar dari tekanan MU sehingga kerab memiliki peluang. Gol balasan pun berhasil dicetak pada menit ke-64 lewat Alexander Kacaniklic untuk mengubah skor menjadi 3-1. Sebenarnya De Gea sudah bisa membaca arah tendangan dari luar kotak penalti ini, tetapi bola menyentuh kaki Rooney sehingga berubah arah ke tiang jauh sehingga De Gea yang terlanjur menutup ruang dekat tak mampu menjangkau bola yang mengarah ke pojok kiri gawang.

Gol tersebut memantik semangat Fulham untuk terus menggedor pertahanan MU. Serangan demi serangan terus dilancarkan tim besutan Martin Jol, tetapi tak satu pun yang membuahkan hasil. Peluang terbaik diperoleh pada menit ke-88, ketika Richardson berdiri bebas di mulut gawang untuk menyundul bola umpan silang dari sayap kiri. Sayang, sundulannya melenceng di sisi kiri gawang De Gea. Skor akhir tetap 3-1 untuk MU.

Susunan pemain

Fulham: 1-Maarten Stekelenburg; 27-Sascha Riether, 4-Philippe Sanderos, 35-Fernando Amorebieta, 15-Kieran Richardson; 28-Scott Parker (Darren Bent 83'), 7-Steve Sidwell; 10-Bryan Ruiz (Adel Taarabt 74'), 24-Ashkan Dejagah (Alex Kacaniklic 61'), 8-Pajtim Kasami; 9-Dimitar Berbatov
Manajer: Martin Jol

Man United: 1-David de Gea; 2-Rafael da Silva (Shinji Kagawa 47'), 15-Nemanja Vidic, 6-Jonny Evans (Chris Smalling 47'), 3-Patrice Evra; 4-Phil Jones, 23-Tom Cleverley (Marouane Fellaini 46'); 25-Antonio Valencia, 10-Wayne Rooney, 44-Adnan Januzaj; 20-Robin van Persie
Manajer: David Moyes

Wasit: Lee Probert

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.