Pelatih Mental Menempa Pemain Timnas U-19

Kompas.com - 18/10/2013, 11:00 WIB
Guntur Cahyo Utomo, pelatih mental timnas U-19. TRIBUNNEWS.COM/ GLERY LAZUARDIGuntur Cahyo Utomo, pelatih mental timnas U-19.
EditorTri Wahono


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Penguasaan teknik bermain sepak bola sudah tentu menjadi modal utama bagi timnas U-19 bisa meraih prestasi gemilang saat ini, juara Piala AFF U-19 dan masuk ke putaran final Piala Asia U-19 yang akan digelar di Myanmar tahun depan.

Namun, banyak yang kagum dan bertanya-tanya bagaimana tim asuhan pelatih Indra Sjafri itu bisa kompak, tenang saat bermain, dan tetap menunjukkan perjuangan sampai peluit akhir dibunyikan wasit.

Pelatih Indra Sjafri dalam beberapa kesempatan sebelumnya pernah mengatakan bahwa ia sangat memperhatikan aspek spiritual para pemain. Bukan hanya itu, di dalam ofisial timnas, rupanya ada pelatih mental yang secara khusus memperhatikan dan mengasah aspek-aspek nonteknis tersebut.

Dialah Guntur Cahyo Utomo yang dipercaya pelatih Indra Sjafri untuk memperkokoh mental para pemain asuhannya. Pertemuan Guntur dan Indra terjadi sejak awal 2011. Saat itu, Guntur menjadi salah satu pembicara dalam seminar di Yogyakarta dan Indra belum ditunjuk sebagai pelatih timnas U-16.

"Mulai April atau Mei 2012, saya mulai terlibat di dalam tim. Ketika juara di Hongkong (U-17), saya hanya mendukung dari belakang," ujar Guntur yang mendalami ilmu psikologi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sebelumnya, kemampuan teknis mungkin menjadi acuan utama kepelatihan timnas. Namun, kini terbukti dan disadari bahwa pelatihan mental pun harus menjadi salah satu pilar untuk membangun kekuatan timnas.

Pelatih mental berperan besar membekali kekuatan teknik dan taktik untuk memenangkan sebuah pertandingan. Tujuan utamanya jelas, menjadikan setiap pemain bermental juara sekaligus membangun harmoni dan kerja sama tim.(Eko Priyono)

 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X