Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih Mental Menempa Pemain Timnas U-19

Kompas.com - 18/10/2013, 11:00 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Penguasaan teknik bermain sepak bola sudah tentu menjadi modal utama bagi timnas U-19 bisa meraih prestasi gemilang saat ini, juara Piala AFF U-19 dan masuk ke putaran final Piala Asia U-19 yang akan digelar di Myanmar tahun depan.

Namun, banyak yang kagum dan bertanya-tanya bagaimana tim asuhan pelatih Indra Sjafri itu bisa kompak, tenang saat bermain, dan tetap menunjukkan perjuangan sampai peluit akhir dibunyikan wasit.

Pelatih Indra Sjafri dalam beberapa kesempatan sebelumnya pernah mengatakan bahwa ia sangat memperhatikan aspek spiritual para pemain. Bukan hanya itu, di dalam ofisial timnas, rupanya ada pelatih mental yang secara khusus memperhatikan dan mengasah aspek-aspek nonteknis tersebut.

Dialah Guntur Cahyo Utomo yang dipercaya pelatih Indra Sjafri untuk memperkokoh mental para pemain asuhannya. Pertemuan Guntur dan Indra terjadi sejak awal 2011. Saat itu, Guntur menjadi salah satu pembicara dalam seminar di Yogyakarta dan Indra belum ditunjuk sebagai pelatih timnas U-16.

"Mulai April atau Mei 2012, saya mulai terlibat di dalam tim. Ketika juara di Hongkong (U-17), saya hanya mendukung dari belakang," ujar Guntur yang mendalami ilmu psikologi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sebelumnya, kemampuan teknis mungkin menjadi acuan utama kepelatihan timnas. Namun, kini terbukti dan disadari bahwa pelatihan mental pun harus menjadi salah satu pilar untuk membangun kekuatan timnas.

Pelatih mental berperan besar membekali kekuatan teknik dan taktik untuk memenangkan sebuah pertandingan. Tujuan utamanya jelas, menjadikan setiap pemain bermental juara sekaligus membangun harmoni dan kerja sama tim.(Eko Priyono)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com