Kompas.com - 18/10/2013, 10:09 WIB
Gita Suwondo. BEIN SPORTGita Suwondo.
EditorTjatur Wiharyo
KOMPAS.com - Libur kompetisi minggu lalu adalah hari yang membahagiakan bagi The Three Lions.  Dua laga kualifikasi melawan Montenegro dan Polandia dimenangkan oleh Steven Gerrard dkk untuk lolos ke Brasil tahun depan.

Hilang sudah bayang bayang ketakutan babak play-off yang harus dilakoni anak asuhan Roy Hodgson, jika hanya jadi runner-up grup. Dengan kualitas yang dimiliki oleh Inggris sekarang,  duel hidup-mati melawan Portugal, Swedia atau Prancis sebisa mungkin dihindari.

Apa yang salah dengan kualitas Three Lions ?  Sepintas, mungkin tidak ada. Tetapi dengan Barclays Premier League menjadi liga terkaya di dunia dari sisi kualitas individu setiap klubnya, kesempatan bagi para pemain lokal berkurang.

Alistair Roseburgh, Pimpinan Produksi & Program beINSport dan pernah jadi direktur program sepakbola ESPN/Star dan kemudian Fox Sport serta malang melintang bersama Sky Sport bahkan menggaris bawahi bahwa tidak adanya kewajiban quota dari FA untuk memainkan pemain lokal, lebih murahnya membeli pemain ketimbang investasi disistim akademi sepakbola serta kebanyakan klub di BPL dimiliki oleh kekuatan fulus asing yang tidak perduli dengan perkembangan timnas Inggris jadi sebab.

Tidak percaya ? Bisa dilihat dari beberapa pertandingan  minggu ini dimana hanya segelintir pemain penentu yang merupakan home grown players atau pemain lokal yang dibina akademi klub.

Chelsea Vs Cardiff

Semua mata di Stamford Bridge akan tertuju pada Andre Schurle, pencipta hattrick bagi Jerman saat mengalahkan Swedia.  Juga Eden Hazzard yang perkasa bersama Belgia dan Oscar yang sukses bersama Brazil atas Korea Selatan dan Zambia.  Sosok pemain lokal di The Blues penghuni timnas hanya Ashley Cole dan Frank Lampard.  Artinya, Chelsea dengan kepragmatisan Jose Mourinho akan sulit memasukkan sosok pemain lokal binaan klub yang masih muda bahkan untuk bersaing dengan Cardiff City sekalipun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anak asuhan Malky Mackay pun setali tiga uang. Walaupun ada lima pemain lokal yang selalu tampil regular, praktis hanya Steven Caulker yang punya kualitas masuk timnas.  Lainnya seperti Ben Turner, Peter Whittingham, Andrew Taylor, Matthew Connoly dan Frazier Campbel masih belum masuk hitungan Roy Hodgson.

Masalah kualitas juga ditambah pemecatan Iain Moody, orang kepercayaan Mackay untuk urusan perekrutan pemain, diganti oleh Alisher Apsalyamov yang baru berusia 23 tahun dan teman dari anaknya Vincent Tan, pemilik Cardiff City asal Malaysia bisa mengganggu kinerja tim.  Kekesalan Mackay akan faktor kolusi di timnya tampaknya akan membuat rekor 100 % Chelsea di Stamford Bridge akan terus berjalan.

Prediksi : Chelsea 60 – 40 Cardiff

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.