Lukaku Antar Belgia ke Piala Dunia 2014

Kompas.com - 12/10/2013, 01:05 WIB
Gelandang Belgia, Axel Witsel (tengah), mencoba melewati hadangan dua pemain Kroasia, Mateo Kovacic (kiri) dan Domagoj Vida (kanan), pada laga di Zagreb, Jumat (11/10/2013). Pada laga tersebut, Belgia menang 2-1 atas Kroasi berkat dua gol Romelu Lukaku. AFPGelandang Belgia, Axel Witsel (tengah), mencoba melewati hadangan dua pemain Kroasia, Mateo Kovacic (kiri) dan Domagoj Vida (kanan), pada laga di Zagreb, Jumat (11/10/2013). Pada laga tersebut, Belgia menang 2-1 atas Kroasi berkat dua gol Romelu Lukaku.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
ZAGREB, KOMPAS.com — Belgia sukses melaju ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah menang 2-1 atas tuan rumah Kroasia pada babak pertama laga penyisihan Grup A Zona Eropa, Jumat (11/10/1013) di Stadion Maksimir, Zagreb. Romelu Lukaku menjadi bintang setelah memborong dua gol kemenangan Belgia.

Lukaku, yang pada musim ini "dibuang" Chelsea sebagai pemain pinjaman untuk Everton, tampil sangat impresif. Dia memperlihatkan kualitasnya sebagai striker berbahaya lewat golnya pada menit ke-15 dan ke-38 untuk mengoyak jala Kroasia yang dikawal Pletikosa.

Memasuki babak kedua, Kroasia yang tertinggal 0-2 melakukan sejumlah pergantian pemain. Pada awal babak kedua, Nikola Kalinic masuk untuk menggantikan Ivan Perisic.

Setelah itu, berturut-turut pada menit ke-65 dan ke-76, dua gelandang Kroasia masuk, yakni Ognjen Vukojevic dan Niko Kranjcar, menggantikan tempat Mateo Kovacic dan Ivan Rakitic. Sementara Belgia melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Nacer Chadli dan Kevin Mirallas pada menit ke-65 dan ke-69.

Keputusan pelatih Igor Stimac terbukti jitu. Pada menit ke-83, Kroasia mampu mencetak gol melalui kaki Kranjcar setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang Belgia saat membuang bola. Kroasia mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2.

Akan tetapi, hanya sampai di sana kemampuan Kroasia berupaya mengejar skor. Hingga laga usai, skor tetap 2-1 untuk kemenangan Belgia.

Hasil ini sekaligus memastikan Belgia mendapat tiket ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Belgia sudah pasti menjuarai Grup A Zona Eropa dengan 25 poin. Sedangkan Kroasia harus berjuang lewat play-off karena juga dipastikan menempati urutan kedua klasemen dengan 17 poin.

Susunan pemain
Kroasia: 1-Stipe Pletikosa; 2-Ivan Strinic, 6-Dejan Lovren, 5-Vedran Corluka; 21-Domagoj Vida, 7-Ivan Rakitic (19-Niko Kranjcar 76), 20-Mateo Kovacic (8-Ognjen Vukojevic 85), 10-Luka Modric, 4-Ivan Perisic (14-Nikola Kalinic 46), 11-Sime Vrsaljko; 17-Mario Mandzukic
Pelatih: Igor Stimac

Belgia: 1-Thibaut Courtois; 2-Tobias Alderweireld, 3-Daniel van Buyten, 4-Nicolas Lombaerts, 5-Jan Vertonghen; 7-Kevin de Bruyne (11-Kevin Mirallas 65), 6-Axel Witsel, 8-Marouane Fellaini, 16-Steven Defour (8-Moussa Dembele 84), 10-Eden Hazard; 9-Romelu Lukaku (16-Nacer Chadli 69)
Pelatih: Marc Wilmots

Wasit: Howard Webb (Inggris)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X