Cantona Kritik Sepak Bola Perancis

Kompas.com - 11/10/2013, 06:12 WIB
Legenda sepak bola Perancis, Eric Cantona. AFP PHOTO / JEAN CHRISTOPHE MAGNENETLegenda sepak bola Perancis, Eric Cantona.
|
EditorOkky Herman Dilaga
PARIS, KOMPAS.com — Legenda sepak bola Perancis, Eric Cantona, menyebut Perancis tidak memiliki kultur sepak bola yang kuat. Hal ini dikatakan Cantona merujuk fakta bahwa tidak ada satu kota pun di Perancis yang memiliki dua klub hebat.

Ligue 1 dikenal memiliki beberapa klub tenar dalam beberapa tahun terakhir. Sebut saja Olympique Lyon yang berjaya di kompetisi lokal pada periode 2000-an dan Olympique Marseille yang selalu berada di papan atas.

Lalu, kini muncul Paris Saint-Germain (PSG) dan AS Monaco yang mampu menggelontorkan dana besar untuk membawa pemain-pemain papan atas dunia. Namun, di mata Cantona, tetap saja hal itu belum cukup.

"Ada enam klub di kota Rio de Janeiro dan London. Di kota besar lain seperti Roma, Barcelona, Milan, Madrid, Buenos Aires, Manchester, Istanbul, masing-masing memiliki paling sedikit dua klub hebat," tandas Cantona dilansir Goal.

"Tetapi, di Perancis tidak ada dua klub hebat di Paris. Ini tidak hanya terjadi di Paris. Kota lain pun demikian. Hanya di Perancis yang tidak memiliki dua klub besar yang berada di satu kota," lanjutnya.

"Saya berbicara mengenai liga papan atas. Kami menghadapi sebuah fakta bahwa Perancis tidak memiliki kultur dan gairah dalam sepak bola. Ini adalah situasi sekarang. Semoga semuanya bisa berubah," pungkas eks pemain Manchester United itu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X