Kompas.com - 06/10/2013, 17:57 WIB
Pelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, yang membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-19. Ferril DennysPelatih tim nasional Indonesia U-19, Indra Sjafri, yang membawa Indonesia menjuarai Piala AFF U-19.
EditorTjatur Wiharyo
JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri mengatakan, pemain dan ofisial bekerja keras untuk meningkatkan daya saing. Salah satu hasilnya, menurut Indra, VO2 max (kemampuan paru-paru menghirup dan menyuplai oksigen di dalam tubuh tubuh) pemain menjadi semakin tinggi.

Indra menjelaskan, tim medis dan fisioterapis berkontribusi besar dalam kemajuan kualitas fisik para pemain karena mereka selalu memeriksa keadaan pemain sebelum dan sesudah latihan dan bertanding.

"Para pemain juga rutin melakukan krioterapi (terapi menggunakan air sangat dingin)," ujar Indra.

Sementara itu, penjaga gawang Ravi Murdianto mengaku membutuhkan waktu untuk beradaptasi selama menjalani pemusatan latihan di Jakarta, terutama terkait kondisi lapangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Lapangan di sini berbeda dengan lapangan yang pernah kami pakai untuk berlatih sehingga perlu adaptasi, terutama dengan area sekitar gawang dan juga lampu stadion yang lebih terang," katanya.

Meski begitu, Ravi tetap optimistis rekan-rekannya bisa bekerja sama dengan solid dan siap diturunkan pada babak kualifikasi Piala Asia U-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.