Kompas.com - 03/10/2013, 18:03 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono. Sekretaris Jenderal PSSI, Joko Driyono.
|
EditorKistyarini
JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Eksekutif PSSI memilih format play-off dan verifikasi untuk menentukan empat tim terbaik Indonesian Premier League (IPL) yang berhak tampil di Indonesia Super League (ISL) pada musim depan. Babak play-off ini akan digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, dan Stadion Sultan Agung, Bantul.

"Exco sepakat proses unifikasi melalui babak play-off kemudian dilanjutkan tahapan verifikasi," jelas Sekjen PSSI, Joko Driyono, di kantor PSSI, Kamis (3/10/2013),

Babak play-off ini diikuti sepuluh klub IPL minus Semen Padang. Kabau Sirah tak perlu mengikuti babak ini karena tim asal Sumatera Barat tersebut mendapatkan wildcard sehingga hanya mengikuti verifikasi saja.

Sepuluh klub IPL adalah Pro Duta, Perseman Manokwari, Persiba Bantul, PSM Makassar, PSIR Rembang, Persijap, Persepar Palangkaraya, Persiraja, PSLS Lhokseumawe, dan Bontang FC. Sepuluh klub tersebut akan dibagi ke dalam dua grup dengan sistem setengah kompetisi. 

Nantinya, tiga tim teratas dari masing-masing grup akan menjalani tahapan kedua yakni proses verifikasi. Empat klub yang memiliki skor tertinggi berhak tampil di ISL pada musim depan.

Terkait undian, Joko menjelaskan bahwa hal tersebut akan ditentukan, Jumat (4/10/2013). "Jadi drawing dikondisikan geografis. Tim yang berada di wilayah yang sama takkan satu grup.  Persiraja tidak mungkin dengan PSLS Lhokseumawe dan PSM tidak mungkin berada satu tempat dengan Perseman Manokwari." jelas Joko.

"Penentuan jadwal play-off akan ditentukan PSSI selambat-lambatnya 6 Oktober. Saya pikir sudah bisa dilaksanakan 13 Oktober atau setelah laga timnas U-19 melawan Korea Selatan atau 16 Oktober setelah timnas melawan China," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.