Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

La Siya: Rangkap Jabatan Pelatih Timnas Tidak Ideal

Kompas.com - 02/10/2013, 17:17 WIB
Ferril Dennys

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Harian Persipura Jayapura, La Siya, menilai tidak ideal seorang pelatih timnas memiliki rangkap jabatan. Sebab, menurutnya, pelatih akan sulit membagi konsentrasi antara menangani tim nasionakl dan klub.

Pernyataan La Siya itu menyikapi keputusan PSSI dari hasil rapat kerja beberapa waktu lalu. PSSI meminta setiap pelatih fokus menangani timnas sehingga pelatih tidak diperkenankan lagi merangkap jabatan membesut klub.

Saat ini, tim nasional senior dibesut oleh Jacksen F Tiago. Selain menangani "Merah Putih", Jacksen juga masih menangani Persipura Jayapura. Begitu pula dengan Rahmad Darmawan. Ia menangani tim nasional U-23 dan Arema Indonesia.
 
"Saya pikir, pelatih klub juga menangani timnas sangat sulit. Saya berharap PSSI memperoleh pelatih yang memiliki kapabilitas," jelas La Siya di kantor PSSI, Rabu (2/10/2013).

Soal nasib Jacksen bersama tim nasional, La Siya menjelaskan, Persipura harus terlebih dulu berkoordinasi dengan Badan Tim Nasional (BTN). Jacksen ditunjuk membesut timnas sejak Mei 2013 dan masih terikat kontrak hingga Maret 2014.  

"BTN tentunya sudah memiliki program. Dia dipilih sebagai pelatih timnas saat itu karena keadaan darurat. Sampai saat ini, kami belum bertemu dengan BTN. Sulit menahan Jacksen melatih timnas karena ini demi bangsa dan negara. Namun, kami juga berharap Jacksen tetap melatih Persipura," beber La Siya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com