Kompas.com - 01/10/2013, 20:43 WIB
Sekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono. Kompas.com/ Okky Herman DilagaSekretaris Jenderal PSSI Joko Driyono.
EditorTjatur Wiharyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan membuat kebijakan pengurangan kuota pemain asing untuk musim depan. Kebijakan tersebut bertujuan mengatasi masalah finansial klub.

Sekjen PSSI, Joko Driyono mengatakan, terdapat dua pilihan kuota pemain asing, menggunakan 4 pemain atau 3 pemain asing. Pilihan pertama, 3 asing dari negara manapun ditambah 1 pemain asing asal Asia. Sementara pilihan kedua, hanya 3 pemain asing dari negara manapun.

“Ada dua opsi, 3+1 atau 3. Pilihan ini kaitannya dengan tim – tim kita yang tampil di kompetisi regional Asia. Regulasi pemain di AFC 3 + 1. Kalau jumlah pemain asing di kompetisi domestik hanya 3, jadi jangan sampai menambah 1 pemain asing untuk bermain di kompetisi Asia, tapi tidak bisa bermain di kompetisi domestik,” ujar Joko ditemui di kantor PSSI, Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Semula kuota pemain asing di kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) berjumlah 5 pemain asing, 3 pemain berasal dari negara manapun ditambah 2 pemain asal Asia. Namun menurut Joko Driyono, kebijakan itu membuat klub merasa tertekan untuk melaksanakan aturan itu. Oleh karena itu, dia menilai pengurangan komposisi pemain asing merupakan solusi yang tepat.

“Kondisi yang ada sekarang mempertimbangkan sisi psikologikal klub, karena melihat kondisi keuangan. Pertimbangan lain kepentingan finansial, banyak klub bermasalah dengan pemain asing,” katanya.

Pengurangan jumlah kuota pemain asing membuat klub dapat memaksimalkan potensi pemain lokal. “Kebijakan ini memberikan ruang bagi klub untuk bisa mengeksplor pemain lokal,” tuturnya.

Joko Driyono menambahkan, kebijakan terkait penggunaan pemain asing di kompetisi musim mendatang tengah dibahas di Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Keputusannya dibuat dalam waktu dekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Erwin Dwi Budiawan selaku anggota Exco PSSI yang menangani bidang kompetisi tengah membahas ini. Jadi kita tunggu satu sampai dua minggu lagi,” tambahnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.