Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Moyes Abaikan Nasihat Ferguson"

Kompas.com - 30/09/2013, 21:46 WIB
Lariza Oky Adisty

Penulis

Sumber Sky Sports
MANCHESTER, KOMPAS.com — Setelah menggantikan Alex Ferguson sebagai manajer Manchester United pada Juli 2013, David Moyes memberhentikan sejumlah pelatih dan menggantikan mereka dengan pelatih-pelatih baru. Menurut mantan pelatih kiper MU, Eric Steele, hal itu dilakukan Moyes karena ia ingin lepas dari bayang-bayang Ferguson.

Steele, Phelan, dan Meulensteen merupakan tiga pelatih warisan Ferguson yang diberhentikan Moyes. Sebagai gantinya, Moyes membawa Chris Woods, Steve Round, dan Jimmy Lumsden dari klub lamanya Everton. Moyes juga menjadikan mantan pemain MU Phil Neville staf pelatihnya.

Steele mengaku menghormati keputusan Moyes. Meski begitu, ia menilai kebijakan Moyes mengganti staf pelatih tidak tepat. Penilaian ini mengacu pada rekor dua kali menang dan tiga kali kalah yang diraih MU dalam enam pertandingan Premier League 2013-2014.

"Dia bicara kepada saya, Mike (Phelan, asisten manajer) dan Rene Meulensteen (staf pelatih). Saya mengatakan ia sangat berani karena ingin menjadi dirinya sendiri meski sudah mendapat nasihat dari Ferguson," kata Steele, seperti dikutip dari situs Sky Sports.

"Saya tak menyalahkan David. Saya sudah cukup berpengalaman bisa memahami ini. Tapi agak ironis, karena ia bergabung dengan klub yang melewati musim 2012-2013 dengan luar biasa dan menjadi juara. David de Gea bermain sangat bagus musim sebelumnya. Tak masuk akal jika ia tak ingin meneruskan prestasi tersebut," lanjut Steele.

Meski demikian Steele masih optimistis Moyes dan MU masih bisa memperbaiki peringkat mereka di Premier League. Saat ini Setan Merah masih terpuruk di posisi 12 klasemen.

"Ada perubahan besar-besaran di tubuh MU, tapi mereka punya banyak pemain yang bisa membawa kemenangan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky Sports
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com