Kompas.com - 26/09/2013, 23:49 WIB
FIFA FIFAFIFA
|
EditorAloysius Gonsaga AE
DOHA, KOMPAS.com — Panitia penyelenggara Piala Dunia 2022 Qatar membantah klaim surat kabar Inggris, Guardian, soal adanya dugaan eksploitasi tenaga kerja asal Nepal. Lewat sebuah pernyataan resmi, komite tertinggi panpel mengklaim proyek yang terkait pelaksanaan Piala Dunia belum dilaksanakan. Selain itu, para pekerja pun diperlakukan dengan baik.

"Selayaknya orang yang menonton video, melihat foto, atau membaca teks pendamping, kami menyatakan keberatan dengan temuan yang dilaporkan Guardian. Tak ada alasan untuk memperlakukan pekerja di Qatar atau di mana pun sedemikian rupa," demikian bunyi pernyataan tersebut.

"Kesehatan, keamanan, kesejahteraan, dan martabat tiap pekerja yang turut andil dalam Piala Dunia 2022 sangat penting untuk komite, dan setiap acara akan menjadi pemicu terciptanya peningkatan taraf hidup tiap pekerja di Qatar,"

"Kami percaya semua pekerja yang terlibat dalam proyek ini, serta yang bekerja di pengembang infrastruktur di Qatar berhak diperlakukan sedemikian rupa, yang menjamin kesejahteraan, keamanan, dan martabat mereka. Hal itu merupakan prioritas utama kami karena kami mulai menepati janji yang kami buat saat mencalonkan diri sebagai tuan rumah di Qatar."

Sebelumnya, Guardian mengumumkan hasil investigasi yang menyatakan hampir setiap hari satu pekerja dari Nepal tewas saat bekerja di Qatar. Tercatat 44 pekerja tewas antara 4 Juni hingga 8 Agustus, dengan penyebab utama adalah serangan jantung.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Sky Sports
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.