Kompas.com - 25/09/2013, 23:42 WIB
Gelandang Arsenal dari Inggris, Jack Wilshere (kanan), merayakan golnya bersama gelandang serang dari Spanyol, Santi Cazorla (kanan), dalam laga ulangan babak ketiga Piala FA melawan Swansea City di Stadion Emirates, London, Rabu (16/1/2013). Arsenal akhirnya menang 1-0. AFP PHOTO/IAN KINGTONGelandang Arsenal dari Inggris, Jack Wilshere (kanan), merayakan golnya bersama gelandang serang dari Spanyol, Santi Cazorla (kanan), dalam laga ulangan babak ketiga Piala FA melawan Swansea City di Stadion Emirates, London, Rabu (16/1/2013). Arsenal akhirnya menang 1-0.
|
EditorAloysius Gonsaga AE
LONDON, KOMPAS.com — Dominasi antara Real Madrid dan Barcelona membuat La Liga terlihat menjadi monoton. Demikian penilaian gelandang Arsenal yang sempat bermain untuk Malaga, Santi Cazorla.

Barca dan Madrid silih berganti tampil sebagai juara sejak 1950-an. El Real sudah 32 kali mengecap juara dan Barcelona baru 22 kali tampil sebagai kampiun.

Pada bursa musim panas 2013, terdapat fenomena menarik. Pemain-pemain yang berlaga di Spanyol, seperti Jesus Navas, Alvaro Negredo, Roberto Soldado, dan Mesut Oezil, hijrah ke Inggris.

Mereka bergabung dengan pemain yang sudah terlebih dulu berkarier di Inggris, di antaranya Fernando Torres, David Silva, dan Cazorla.

Di sisi lain, banyak juga pemain bertalenta di Inggris hijrah ke Spanyol. Sebut saja Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Bahkan, kedua pemain tersebut menyandang predikat sebagai pemain termahal.

Namun, Cazorla berpendapat, La Liga telah menurun kualitasnya seiring hengkangnya beberapa pemain besar.

"Banyak pemain yang mencoba peruntungan di luar Spanyol karena merasa monoton dengan persaingan yang hanya Barca dan Madrid," jelas Cazorla.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Aku pikir, La Liga tidak mundur. Namun, juga benar bahwa pemain besar, seperti Negredo, Soldado, Navas, yang merupakan pemain-pemain penting di La Liga, hijrah ke Premier League. Saya pikir, La Liga telah menurun kualitasnya," sambungnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.