Kompas.com - 25/09/2013, 04:34 WIB
Mantan pelatih Manchester United Alex Ferguson ketika menyaksikan pertandingan antara MU dan Crystal Palace, di Old Trafford, Sabtu (14/9/2013). ANDREW YATES / AFPMantan pelatih Manchester United Alex Ferguson ketika menyaksikan pertandingan antara MU dan Crystal Palace, di Old Trafford, Sabtu (14/9/2013).
EditorTjatur Wiharyo
LONDON, KOMPAS.com — Melalui sebuah buku, seorang jurnalis Spanyol, Diego Torres, mengungkapkan bahwa pelatih Jose Mourinho sangat kecewa ketika mengetahui bahwa Alex Ferguson tidak memilihnya, tetapi memilih David Moyes untuk menggantikannya melatih Manchester United, sebelum musim lalu berakhir.

Pasalnya, menurut buku tersebut, sebelum Ferguson menunjuk penggantinya, Jorge Mendez telah meyakinkan Mourinho bahwa ia akan menjadi pelatih MU. Mourinho disebut meyakini perkataan Mendes karena Mendes punya kedekatan dengan MU dan Ferguson lebih dari agen lain.

"Mourinho, yang didorong oleh agennya Mendes, meyakini bahwa Ferguson adalah teman dan bapak rohaninya," demikian tulis Torres pada bagian pertama buku itu, seperti dilansir Daily Mirror.

"Ia diyakinkan bahwa sebuah pertemanan adalah kepercayaan sejati. Ia berpikir bahwa koleksi trofinya yang luar biasa (dua gelar Eropa, tujuh gelar liga, dan empat piala liga di empat negara) adalah keunggulan yang tak dimiliki kandidat lain."

"Ketika mengetahui Ferguson memilih Moyes, Mourinho tak memercayainya. Ia berteriak, 'Tetapi (Moyes) tak pernah menjuarai apa pun!'"

"Jorge Mendez, presiden dan pemilik Gestifute, terlibat di Old Trafford lebih dari agen lain. Tak  ada agen lain melakukan bisnis sebesar itu dengan Ferguson."

"Tak seorang pun bersiap lebih baik atau tahu bagaimana menyampaikan ke media soal gagasan bahwa ada orang yang sejak awal ditakdirkan untuk menggantikan Ferguson."

"Namun, jika propaganda memengaruhi kesadaran seseorang, orang itu adalah Mourinho sendiri," demikian sebagian isi buku Torres.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.